Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Volkswagen dan Bosch Kerja Sama Produksi Baterai Kendaraan

Volkswagen dan Bosch telah menandatangani nota kesepahaman untuk menjajaki usaha patungan yang didedikasikan untuk menyediakan pabrik sel baterai dan membantu membuat Eropa mandiri dalam produksi baterai.
Volkswagen./Antara-Reuters
Volkswagen./Antara-Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Volkswagen dan Bosch telah menandatangani nota kesepahaman untuk menjajaki usaha patungan yang didedikasikan untuk menyediakan pabrik sel baterai dan membantu membuat Eropa mandiri dalam produksi baterai.

Dilansir dari TechCrunch, kedua perusahaan ini bertujuan untuk memasok sistem produksi baterai terintegrasi dan dukungan pemeliharaan dan peningkatan di tempat untuk sel baterai dan produsen sistem. 

Kerjasama ini pun diharapkan dapat membantu VW mencapai tujuannya untuk membangun enam pabrik sel pada tahun 2030, tetapi juga akan tersedia untuk melayani pabrik lain di seluruh Eropa.

Salah satu anggota dewan VW, Thomas Schmall mengatakan Eropa memiliki satu kali kesempatan untuk menjadi pembangkit tenaga listrik global untuk baterai di tahun-tahun mendatang.

"Kami sedang bekerja untuk membangun rantai pasokan Eropa yang lengkap dan terlokalisasi untuk mobilitas elektronik 'buatan Eropa'," ujar Thomas.

Perusahaan tidak mengatakan berapa banyak mereka akan berinvestasi dalam usaha tersebut.

Sejauh ini, pabrik sel baterai yang mampu menghasilkan kapasitas hanya di bawah 900 gigawatt jam (GWh) telah diumumkan di Eropa, menurut data dari European Battery Alliance (EBA) - yang akan menghasilkan sekitar 16 persen dari produksi global pada 2029.

Tetapi EBA mengatakan sepertiga dari baterai global harus diproduksi di Eropa pada 2030 untuk mengurangi ketergantungan pada pemasok yang mendominasi pasar, sebagian besar dari Korea Selatan dan China.

Pabrik baterai terbesar yang direncanakan di Eropa adalah Tesla, yang terletak di Berlin, di sebelah pabrik kendaraan listriknya dan akan memproduksi lebih dari 100 GWh kapasitas pada puncaknya.

Volkswagen yang berniat untuk mengalahkan Tesla sebagai penjual kendaraan listrik (EV) teratas, telah mengumumkan rencana untuk membangun enam yang disebut gigafactories di Eropa pada akhir dekade dengan kapasitas gabungan 240 GWh, dalam upaya untuk mengendalikan sebanyak mungkin rantai pasokan.

CEO Volkswagen Herbert Diess, yang pada akhir tahun lalu berselisih dengan dewan pekerja perusahaan atas strategi elektrifikasinya, mengatakan divisi baterai diharapkan menghasilkan penjualan 20 miliar euro ( 22,7 miliar dollar AS) pada akhir dekade ini dan sedang disiapkan untuk penjualan sebagian.

Produsen mobil, yang Desember lalu menaikkan pengeluarannya untuk elektrifikasi dalam lima tahun ke depan menjadi 52 miliar euro, telah berkomitmen untuk secara eksklusif menjual EV di Eropa mulai tahun 2035.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Khadijah Shahnaz
Editor : Hafiyyan
Sumber : TechCrunch
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper