Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jual 9 Juta Mobil Setahun, Laba Toyota Meroket di Tengah Pandemi

Toyota sepanjang tahun fiskal (FY) 2021 mampu menjual 9 juta unit mobil di seluruh dunia sekaligus meningkatkan laba perusahaan, meski pandemi Covid-19 dan krisis semikonduktor telah melumpuhkan industri otomotif global.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 16 Mei 2021  |  15:26 WIB
Toyota Crown 1.5 Hybrid. Selama 12 bulan terakhir jumlah pembeli yang memilih kendaraan listrik menyumbang 23,7 persen dari total penjualan kendaraan Toyota dan Lexus, yang berarti jumlahnya mencapai sekitar 2,15 juta.  - Toyota
Toyota Crown 1.5 Hybrid. Selama 12 bulan terakhir jumlah pembeli yang memilih kendaraan listrik menyumbang 23,7 persen dari total penjualan kendaraan Toyota dan Lexus, yang berarti jumlahnya mencapai sekitar 2,15 juta. - Toyota

Bisnis.com, JAKARTA – Toyota sepanjang tahun fiskal (FY) 2021 mampu menjual 9 juta unit mobil di seluruh dunia sekaligus meningkatkan laba perusahaan, meski pandemi Covid-19 dan krisis semikonduktor telah melumpuhkan industri otomotif global.

Kuatnya penjualan di pasar Amerika Utara dan Eropa, serta popularitas jajaran produk listriknya telah membantu Toyota melewati berbagai krisis.

Secara keseluruhan, Toyota berhasil memproduksi dan menjual 7,6 juta unit kendaraan selama periode 12 bulan FY2021. Adapun penjualan dari merek Lexus telah membawa total penjualan Toyota mencapai 9,08 juta unit.

Sementara itu, berdasarkan laporan FY2021, Toyota turut membukukan margin keuntungan sebesar 9 persen, sekaligus menggandakan laba operasinya pada kuartal keempat yang berakhir pada Maret.

Secara keseluruhan, laba operasional Toyota melonjak menjadi 689,8 miliar yen atau setara Rp89,51 triliun pada kuartal keempat. Keuntungan ini naik hampir dua kali lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

“Margin laba operasi Toyota juga meningkat dari awal tahun ini di mana mencapai 5,2 persen, yang sekarang dikatakan sekitar 9 persen," kata CFO Toyota Kenta Kon dikutip dari performancedrive, Minggu (16/5/2021).

Sementara itu, laporan perusahaan juga menyebutkan bahwa laba bersihnya meningkat lebih dari dua kali lipat, yakni dari 327 miliar yen pada Januari-Maret 2020, menjadi 777 miliar yen pada tahun ini.

Lonjakan 5,3 persen dalam penjualan di seluruh dunia membantu meningkatkan angka pendapatan Toyota, dengan lebih dari 2,21 juta unit dikirim pada kuartal tersebut.

Toyota mengatakan selama 12 bulan terakhir jumlah pembeli yang memilih kendaraan listrik menyumbang 23,7 persen dari total penjualan kendaraan Toyota dan Lexus, yang berarti jumlahnya mencapai sekitar 2,15 juta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Toyota Motor Corporation Penjualan Mobil Global
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top