Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mobil Produksi Indonesia, Toyota Vios Andalkan Pasar Ekspor

Meski sedan memiliki ceruk pasar sangat sempit, Toyota Motors Manufacturing Indonesia (TMMIN) memproduksi model Vios dengan volume cukup signifikan. Pasar ekspor menjadi andalan.
Toyota Vios. /Toyota Astra Motor
Toyota Vios. /Toyota Astra Motor

Bisnis.com, JAKARTA - Meski sedan memiliki ceruk pasar yang sempit, Toyota Motors Manufacturing Indonesia (TMMIN) memproduksi model Vios dengan volume cukup signifikan. Pasar ekspor menjadi andalan.

Toyota merupakan satu dari tiga merek pabrikan mobil yang merakit sedan di Indonesia, di samping BMW dan Mercedes Benz. Selain mendominasi produksi sedan hingga 95 pesen, Toyota Vios merupakan satu-satunya model sedan yang ekspor utuh dari Indonesia.

Berdasarkan data Gaikindo, Selasa (2/2/2021), produksi Vios di pabrik TMMIN pada tahun lalu mencapai 24.223 unit, sedangkan wholesale di pasar domestik tercatat hanya 309 unit. Adapun sebagian besar lainnya dikapalkan ke pasar luar negeri.

Sepanjang tahun lalu, TMMIN tercatat mengekspor 13.039 unit. Vios produk pabrik Indonesia memiliki kapling pasar di sejumlah negera Timur Tengah, seperti Bahrain, Lebanon, Oman, Saudi Arabia, dan Uni Emirat Arab.

Pada 2019, Yaman menjadi tujuan ekspor model Vios produksi Toyota di Indonesia. Akan tetapi tercatat absen pada tahun lalu. Hal ini seiring dengan turunnya pengapalan ke seluruh negara tujuan yang menyebabkan ekspor terporosok 58 persen.

Ekspor Toyota Vios dari Indonesia 2020
- Bahrain (1.076)
- Lebanon (14)
- Oman (676)
- Qatar (198)
- Saudi Arabia (10.225)
- UAE (1.048)

Di pasar dalam negeri Indonesia, Toyota Vios ditawarkan dalam lima varian, mencakup Vios E MT, Vios E AT, Vios G MT, dan Vios G AT. Selain itu, Vios juga ditawarkan untuk pelanggan armada taksi dalam varian Limo Taxi 1500 MT.

Toyota Vios dipasarkan dengan harga mulai Rp311,95 juta on the road Jakarta.

Harga Toyota Vios 2021
- E M/T Rp311.950.000
- G M/T Rp330.750.000
- G CVT Rp346.850.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler