Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tahun Penuh Tekanan, Daimler Alami Penurunan Penjualan 15 Persen

Daimler AG mengalami penurunan penjualan sepanjang 2020 sekitar 15 persen menjadi 2,84 juta unit (2019: 3,34 juta) atau susut 11 persen dari sisi pendapatan menjadi €154,3 miliar (2019: € ​​172,7 miliar).
Logo Mercedes Benz. Daimler juga akan berganti menjadi Mercedes-Benz. /Mercedes Benz
Logo Mercedes Benz. Daimler juga akan berganti menjadi Mercedes-Benz. /Mercedes Benz

Bisnis.com, JAKARTA - Daimler AG mengalami penurunan penjualan sepanjang 2020 sekitar 15 persen menjadi 2,84 juta unit (2019: 3,34 juta) atau susut 11 persen dari sisi pendapatan menjadi €154,3 miliar (2019: € 172,7 miliar).

Dalam laporan kinerja tahun fiskal 2020, earning before interest and tax (EBIT) meningkat sebesar 53 persen menjadi €6,6 miliar (2019: € 4,3 miliar) karena biaya ekstensif dan tindakan penyimpanan uang tunai serta kinerja yang kuat di semua divisi.

EBIT yang disesuaikan, mencerminkan bisnis yang mendasarinya, adalah €8,6 miliar (2019: € 10,3 miliar). Angka-angka tersebut didasarkan pada laporan keuangan yang diaudit. Struktur pelaporan dan angka tahun sebelumnya telah disesuaikan untuk mencerminkan divisi grup yang baru dibentuk.

“Tahun 2020 adalah ujian stres bagi hampir setiap perusahaan di hampir setiap industri. Tim Daimler menguasai tes ini dengan sangat baik. Produk kami terus diminati di semua pasar dan divisi utama,” kata Ola Kallenius, Ketua Dewan Manajemen Daimler AG dan Mercedes-Benz AG, Kamis (18/2/2021).

Dalam pertumbuhan pesat dalam penjualan xEV, Daimler telah mengambil langkah penting dalam hal elektrifikasi dan digitalisasi dengan pengenalan produk dan teknologi baru. Hasil keuangan Daimler disebut jauh di atas ekspektasi pasar yang mencerminkan kemajuan substansial pada efisiensi biaya.

Selain itu, Daimler juga telah mencapai peningkatan margin signifikan berdasarkan bauran produk dan harga yang kuat, terutama di paruh kedua 2020. Daimler membuktikan kemampuan untuk menghasilkan arus kas yang substansial dan untuk mendorong transformasi berkelanjutan, bahkan dalam keadaan pandemi yang merugikan.

Pada 2020, laba bersih meningkat menjadi € 4,0 miliar (2019: € 2,7 miliar). Laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemegang saham Daimler AG berjumlah € 3,6 miliar (2019: € 2,4 miliar), yang menyebabkan peningkatan laba per saham menjadi € 3,39 (2019: € 2,22). Pada Rapat Umum Tahunan tanggal 31 Maret 2021, Dewan Manajemen dan Dewan Pengawas akan mengusulkan dividen sebesar € 1,35 per saham (2019: € 0,90). Oleh karena itu, pembayaran total akan berjumlah € 1,4 miliar (2019: € 1,0 miliar).

“Kami yakin dapat mempertahankan momentum positif jika kondisi pasar terjaga, mempercepat rencana strategis dan meningkatkan ketahanan finansial,” kata Kallenius.

Daimler berencana untuk melakukan spin-off dan mendaftarkan Truk Daimler. Ini dimaksudkan agar sebagian besar saham Daimler Truck akan didistribusikan kepada pemegang saham Daimler. Daimler Truck akan memiliki manajemen yang sepenuhnya independen, tata kelola perusahaan yang berdiri sendiri termasuk Ketua Dewan Pengawas independen, dan ditargetkan untuk memenuhi syarat untuk dicantumkan di indeks DAX Jerman.

Transaksi dan pencatatan Daimler Truck di bursa saham Frankfurt diharapkan selesai sebelum akhir 2021. Daimler juga akan berganti menjadi Mercedes-Benz. Semua rincian lebih lanjut tentang spin-off yang dimaksud akan disajikan kepada pemegang saham pada rapat pemegang saham luar biasa pada Q3 2021 untuk mendapatkan persetujuan wajib mereka atas rencana itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper