Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mitsubishi Fuso Gabung Asosasi Hidrogen Jepang

Perusahaan Truk dan Bus Mitsubishi Fuso (MFTBC) memastikan ikut dalam keanggotaan Asosiasi Hidrogen Jepang, yang didirikan pada 7 Desember untuk mempromosikan penciptaan masyarakat berbahan bakar hidrogen.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 12 Desember 2020  |  07:45 WIB
Dengan Vision F-Cell, model konsep yang dapat dikendarai sepenuhnya, Mitsubishi Fuso mengeksplorasi manfaat teknologi sel bahan bakar untuk digunakan di kendaraan Mitsubishi Fuso.  - Mitsubishi Fuso
Dengan Vision F-Cell, model konsep yang dapat dikendarai sepenuhnya, Mitsubishi Fuso mengeksplorasi manfaat teknologi sel bahan bakar untuk digunakan di kendaraan Mitsubishi Fuso. - Mitsubishi Fuso

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan Truk dan Bus Mitsubishi Fuso (MFTBC) memastikan ikut dalam keanggotaan Asosiasi Hidrogen Jepang, yang didirikan pada 7 Desember untuk mempromosikan penciptaan masyarakat berbahan bakar hidrogen.

Presiden dan CEO MFTBC Hartmut Schick mengatakan bahwa melalui partisipasinya dalam Asosiasi Hidrogen Jepang, MFTBC bertujuan mempercepat realisasi masyarakat berbahan bakar hidrogen.

"MFTBC tetap berkomitmen pada Perjanjian Paris sebagai produsen kendaraan komersial, dan mempercepat upaya yang bertujuan untuk mengurangi emisi CO2 produknya," katanya dalam keterangan pers, Kamis (11/12/2020).

Asosiasi Hidrogen Jepang didirikan dengan tujuan untuk mempercepat realisasi masyarakat berbasis hidrogen melalui proyek lintas industri dan kelompok kerja antar organisasi.

Asosiasi Hidrogen Jepang akan mengambil pandangan luas dari seluruh rantai nilai hidrogen, yang mencakup sumber, infrastruktur, dan aplikasi praktis. Eksplorasi hidrogen sebagai sumber energi alternatif telah mendapatkan daya tarik secara global, dengan Eropa dan Jepang mengumumkan tujuan untuk secara efektif menghilangkan emisi CO2 pada 2050.

MFTBC telah mempresentasikan tujuannya untuk memulai produksi massal truk sel bahan bakar pada akhir 2020-an, dan mengalihkan semua kendaraan baru ke model netral-CO2 “tank-to-wheel” pada 2039.

Pabrikan yang berbasis di Kota Kawasaki, Prefektur Kanagawa, ini pertama kali meluncurkan Vision F-Cell, yang Model konsep tugas ringan menjalankan sel bahan bakar di Tokyo Motor Show ke-46 pada 2019, dan mengungkapkan versi yang disempurnakan dari kendaraan konsep itu melalui test drive pada Juni 2020.

Spesifikasi Mitsubishi Fuso Vision F-Cell

- Daya motor maksimal : 135kW
- Daya kontinyu maksimal : 75kW (fuel cell) + 135kW (3 HV battery)
- Penyimpanan energi : 13.8 – 40 kWh (HVB) + 5 to 10 Kg H2 @ 70MPa (3 -4 tanks)
- Rentang : 270-300km (estimate)
- Bobot kendaraan kotor : 7.5 ton

Pada saat yang sama, Mitsubishi Fuso juga memimpin penggerak menuju nol emisi di industri kendaraan komersial; total lebih dari 180 truk listrik eCanter yang mulai dijual pada tahun 2017 telah dioperasikan oleh pelanggan di Eropa, Amerika Serikat, dan Jepang.

Truk Daimler, di mana MFTBC merupakan bagian integralnya, juga mengambil tindakan tegas menuju masa depan yang netral CO2. Daimler Trucks mengungkapkan truk tugas berat sel bahan bakar pada September 2020, dengan rencana untuk memulai produksi massal pada paruh kedua 2020 setelah melakukan uji praktis.

Daimler juga menetapkan jalur untuk transportasi netral CO2 melalui drivetrains baterai-listrik, dengan pencapaian seperti produksi seri eActros dan eActros Long Haul yang direncanakan masing-masing untuk 2021 dan 2024.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mitsubishi Fuso Truk Hidrogen
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top