Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mitsubishi Fuso Perkenalkan 2 Kendaraan Konsep

Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) memamerkan dua kendaraan konsep di Fuso Future Solutions Lab : ECanter SensorCollect, dan Canter Athena.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 04 Agustus 2020  |  10:00 WIB
Di antara inovasi produsen kendaraan komersial terkemuka di bawah payung Daimler Trucks Asia ini adalah ECanter SensorCollect, dan Canter Athena.  - MFTBC
Di antara inovasi produsen kendaraan komersial terkemuka di bawah payung Daimler Trucks Asia ini adalah ECanter SensorCollect, dan Canter Athena. - MFTBC

Bisnis.com, JAKARTA - Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) memamerkan dua kendaraan konsep di Fuso Future Solutions Lab : ECanter SensorCollect, dan Canter Athena.

Aydogan Cakmaz, Wakil Presiden Senior dan Kepala Rekayasa Produk Mitsubishi Fuso, mengatakann bahwa menciptakan inovasi adalah salah satu pilar utama penelitian dan pengembangan di MFTBC sebagai kunci pasar jangka panjang.

"Kami akan terus mengembangkan produk-produk inovatif untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan masyarakat dengan teknologi canggih kami,” kata dalam keterangan pers yang dikutip Selasa (4/8/2020).

Selain proses pengembangan produk konvensional, MFTBC telah melakukan berbagai inisiatif di dalam dan di luar perusahaan untuk mendorong gagasan produk inovatif yang menjawab kebutuhan dan tantangan sosial.

Di bawah kepemimpinan Departemen Rekayasa Produk, MFTBC menyelenggarakan berbagai lokakarya dan hackathon dengan universitas Jepang dan luar negeri, serta kolaborasi dengan para pemula, di mana peserta eksternal juga diundang. Lebih dari 100 ide telah dihasilkan, termasuk proposal dari departemen di luar bidang teknik.

Di antara inovasi produsen kendaraan komersial terkemuka di bawah payung Daimler Trucks Asia yang dipamerkan di Fuso Future Solutions La, Kamis (30/7/2020), tersebut adalah ECanter SensorCollect, dan Canter Athena.

ECanter SensorCollect adalah truk pengumpul sampah konsep berdasarkan eCanter semua-listrik. Kendaraan ini menggunakan aplikasi truk beban ringan bebas emisi sebagai sarana pengumpulan sampah yang lebih efisien dan sadar lingkungan.

Operator dapat mengontrol SensorCollect eCanter dari jarak jauh, melalui HMI nirkabel (Human Machine Interface). Dilengkapi dengan LiDAR, sensor ultrasonik, dan GPS dengan akurasi tinggi, truk dapat dengan aman melakukan perintah yang dikirimkan dari jarak jauh dengan mendeteksi orang atau benda di sekitarnya.

Perintah-perintah ini termasuk mengikuti operator, menghentikan, menghindari rintangan, dan segera berhenti jika seseorang atau objek berada dekat dengan kendaraan. Fungsi ini dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi pekerja pengumpulan sampah, berpotensi mengurangi jumlah pekerja yang diperlukan untuk operasi sehari-hari dengan peningkatan keselamatan.

Canter Athena juga diperkenalkan pada acara tersebut. Kendaraan ini adalah model konsep berdasarkan 4WD Canter yang dibangun untuk keperluan penyelamatan darurat, yang dirancang bersama dengan Lembaga Penelitian Manajemen Bencana dan Sistem Medis Darurat Universitas Kokushikan.

Canter Athena kendaraan pernah dipamerkan di Tokyo Motor Show ke-46 pada 2019 sebagai respons terhadap tuntutan situasional unik dari bencana alam. Institut berencana untuk menyebarkan Canter Athena dalam respon darurat di masa depan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mitsubishi Canter Mitsubishi Fuso Fuso eCanter
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top