Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak 7 Langkah Merawat Mobil di Saat Musim Hujan

Memasuki musim hujan, antisipasi terhadap banjir tentu menjadi hal yang paling diutamakan saat ini. Apalagi kondisi udara yang lembab hingga jalanan yang tergenang, membuat pemilik kendaraan harus melakukan perawatan ekstra.
Kendaraan melintasi banjir yang menggenangi di Jalan H. R. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan deras sejak Senin dini hari membuat sejumlah daerah di Ibu Kota tergenang banjir. /ANTARA FOTO
Kendaraan melintasi banjir yang menggenangi di Jalan H. R. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Hujan deras sejak Senin dini hari membuat sejumlah daerah di Ibu Kota tergenang banjir. /ANTARA FOTO

Bisnis.com, JAKARTA – Memasuki musim hujan, antisipasi terhadap banjir tentu menjadi hal yang paling diutamakan saat ini. Apalagi kondisi udara yang lembab hingga jalanan yang tergenang, membuat pemilik kendaraan harus melakukan perawatan ekstra.

Riecky Patrayudha, Service Department Head, PT Suzuki Indomobil Sales, mengemukakan beberapa kiat yang bisa diaplikasikan pemilik kendaraan agar mobil terhindar dari masalah ketika musim hujan.

“Sangat penting memperhatikan kondisi kendaraan saat memasuki musim penghujan, karena kondisi yang basah dan lembab bisa memengaruhi bodi maupun mesin kendaraan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (10/12/2020).

Berikut adalah kiat merawat kendaraan saat musim hujan:

1. Gunakan Penutup Kendaraan

Air hujan yang bersifat asam tentu berpotensi merusak lapisan cat mobil. Untuk mencegah hal ini terjadi, pemilik kendaraan bisa menggunakan penutup kendaraan (car cover) agar mobil terlindungi dari tetesan hujan, goresan, atau debu.

2. Parkir Kendaraan di Tempat Kering

Saat musim hujan, hindari memarkir kendaraan di tempat yang lembab. Apalagi jika sirkulasi udara tidak lancar. Tingginya kadar kelembaban dan asam dapat menyebabkan karat pada bagian bodi kendaraan yang bisa merusak cat mobil serta menimbulkan jamur pada kaca.

3. Jaga Kebersihan dan Kondisi Mobil agar Selalu Kering

Kelembaban, debu, atau lumpur yang mengendap di atas dan bawah karpet kendaraan sangat berpotensi menimbulkan jamur dan karat pada mobil. Oleh karena itu, segera bersihkan karpet dan jaga selalu agar tetap kering.

4. Perhatikan Kondisi Wiper dan Area Kaca

Penggunaan wiper dapat membantu pandangan pengemudi saat kondisi hujan agar dapat menyetir lebih aman. Untuk itu, wiper dan kaca mobil pun perlu dirawat secara tepat dengan rutin mengecek elastisitas karet serta komponen wiper. Apabila karet wiper sudah keras dan mulai berdecit segera cek dan lakukan penggantian.

5. Periksa Kondisi Kendaraan untuk Menjaga Performa Mesin dan Kelistrikan

Performa mesin dan kelistrikan juga menjadi hal utama yang perlu diperhatikan saat musim hujan, sehingga penting bagi pemilik kendaraan untuk rutin melakukan perawatan berkala sesuai anjuran pada buku petunjuk.

6. Jangan Melewati Genangan Air yang Dalam.

Saat kendaraan melaju, dianjurkan agar pengendara menghindari jalanan yang ketinggian genangan airnya tidak dapat diprediksi. Hal ini dapat mencegah kerusakan pada mesin karena air genangan berpotensi terhisap ke dalam mesin, sehingga menimbulkan kerusakan.

7. Jangan Hidupkan Mesin Saat Kendaraan Terendam Banjir

Apabila sudah terendam banjir, hindari menghidupkan mesin karena hal tersebut justru akan memperparah kerusakan mobil. Langkah yang paling tepat adalah menghubungi Halo Suzuki, dealer atau bengkel resmi Suzuki terdekat agar segera ditangani oleh teknisi ahli.

“Perawatan yang tepat serta rutin melakukan perawatan berkala ke bengkel resmi adalah hal yang penting agar kualitas kendaraan tetap optimal dan pengendara lebih terjamin kenyamanan dan keamanannya ketika berkendara bersama mobil Suzuki,” tutur Riecky.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper