Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Langkah Mudah Menghilangkan Baret pada Mobil Berwarna Silver

Mobil berwarna silver biasanya dipilih karena memberikan kesan mewah dan modern. Namun, kesan tersebut bisa perlahan memudar akibat baret pada bodi.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 23 November 2020  |  13:50 WIB
Bengkel Luminoz. Salah satu cara menghilangkan baret pada mobil silver adalah menggunakan kompon atau compound.  - ANTARA
Bengkel Luminoz. Salah satu cara menghilangkan baret pada mobil silver adalah menggunakan kompon atau compound. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Mobil berwarna silver biasanya dipilih karena memberikan kesan mewah dan modern. Namun, kesan tersebut bisa perlahan memudar akibat baret pada bodi.

Terkadang goresan pada mobil terjadi karena kesalahan mengemudi atau faktor lainnya. Hal tersebut tentu saja berpengaruh pada tampilan eksterior kendaraan.

Untuk mengatasinya, Tak perlu terburu-buru membawanya ke bengkel, sebab ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan di rumah apabila bodi mobil silver mengalami goresan.

Berikut empat cara mudah menghilangkan goresan pada bodi mobil dilansir dari Auto2000:

1. Menggunakan kompon mobil

Salah satu cara menghilangkan baret pada mobil silver adalah menggunakan kompon atau compound. Kompon merupakan zat kimia khusus yang dapat melenyapkan baret.

Cara kerjanya adalah mengikis sedikit cat di sekitar area baret untuk menutupi goresan. Anda bisa menggunakan kompon halus untuk baret ringan yang tidak terlalu dalam.

Selain di toko otomotif, kompon juga bisa Anda dapatkan di berbagai online marketplace. Cara mengaplikasikan kompon cukup mudah.

Pertama, bersihkan area yang baret, lalu oleskan kompon pada baret dengan lap halus dan diamkan beberapa saat. Terakhir, hapus kompon dengan lap microfiber yang bersih.

2. Manfaatkan pasta gigi

Selain menggunakan zat kimia khusus, Anda juga bisa memanfaatkan bahan yang ada di rumah untuk menghilangkan baret pada mobil silver.

Salah satu bahan di rumah yang bisa digunakan adalah pasta gigi. Pembersih gigi ini ternyata memiliki kandungan kimia khusus yang mampu menyamarkan baret ringan pada bodi mobil.

Cara pemakaiannya mudah. Bersihkan permukaan mobil yang tergores, setelah bersih dan kering oleskan pasta gigi dengan gerakan memutar sambil ditekan perlahan. Diamkan beberapa saat, kemudian ulangi lagi hingga mendapat hasil yang diinginkan.

3. Aplikasikan minyak rem pada baret

Beberapa item perawatan mobil sebenarnya punya fungsi ganda. Salah satunya adalah minyak rem. Selain digunakan untuk melumasi sistem pengereman, minyak rem ternyata juga bisa digunakan untuk melenyapkan baret pada bodi mobil silver.

Cukup oleskan minyak rem pada permukaan mobil yang baret. Ingat, sebelumnya pastikan mobil sudah bersih dan kering. Anda bisa menggunakan kuas halus atau lap microfiber untuk mengaplikasikan minyak rem. Gunakan minyak rem secukupnya dan tunggu beberapa saat.

4. Menggunakan lotion antinyamuk

Cara menghilangkan baret yang terakhir adalah dengan lotion anti nyamuk. Sebelum menggunakan lotion anti nyamuk, bersihkan permukaan bodi mobil. Jika bodi mobil sudah bersih dan kering, aplikasikan lotion anti nyamuk pada permukaan yang baret.

Oleskan lotion dengan gerakan memutar. Lakukan beberapa kali hingga baret tidak tampak lagi. Langkah terakhir, bersihkan sisa-sisa lotion dengan lap bersih.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Cat mobil Tip Merawat Mobil
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top