Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Super Mudah, 6 Cara Hilangkan Baret Mobil di Rumah

Cara menghilangkan baret mobil ternyata bisa dilakukan sendiri di rumah, dengan sejumlah trik yang bisa diterapkan secara mudah.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 08 Oktober 2020  |  14:41 WIB
Aksi mogok makan oleh Asosiasi Driver Online (ADO) sambil mencoret-coret mobil di depan Kantor Gojek Jateng pada Rabu 23 September 2020. - Bisnis/Alif Nazzala Rizqi
Aksi mogok makan oleh Asosiasi Driver Online (ADO) sambil mencoret-coret mobil di depan Kantor Gojek Jateng pada Rabu 23 September 2020. - Bisnis/Alif Nazzala Rizqi

Bisnis.com, JAKARTA - Cara menghilangkan baret mobil ternyata bisa dilakukan sendiri di rumah, dengan sejumlah trik yang bisa diterapkan secara mudah.

Dikutip dari laman resmi Suzuki Indonesia, baret atau yang biasa disebut goresan dapat terjadi pada sebuah mobil, baik karena kesalahan mengemudi maupun parkir. Hal ini pun dapat berpengaruh pada tampilan mobil yang akhirnya kurang ciamik.

Apabila mobil sudah terlanjut baret, tenang, tidak perlu pusing dan terburu-buru untuk membawanya ke bengkel. Sebab, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan baret pada mobil.

Berikut langkahnya.

1. Menghilangkan dengan Obat Nyamuk Cair

Tidak hanya untuk menghilangkan nyamuk, kini obat nyamuk cair memiliki beberapa fungsi yang dapat digunakan untuk menghilangkan baret mobil. Pasalnya, bahan yang terkandung di dalam obat nyamuk cair dapat menghilangkan lapisan baret yang ada di mobil.

Cara penggunaannya siapkan obat nyamuk cair yang dibutuhkan, tuangkan obat nyamuk cair ke atas lap berbahan halus yang kering. Pastikan lap halus yang digunakan benar-benar kering, sebab jika basah kandungan di obat nyamuk akan hilang.

Setelah menuang obat nyamuk cair, kemudian usap bagian mobil yang sudah baret. Usap secara perlahan dengan gaya memutar hingga merata ke bagian yang tergores. Tunggu selama 15 hingga 20 detik, dan bilas.

2. Menggunakan Kompon

Penghilang baret mobil satu ini merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk menghilangkan goresan pada mobil. Krim yang terdiri dari bahan kimia ini mampu membersihkan goresan mobil yang bekerja dengan cara mengikis sampai goresan tidak terlihat.

Ketika terdapat baret yang ringan Anda dapat menggunakan kompon berwarna putih karena kompon ini memiliki daya kikis yang sangat kuat.

Langkah pertama bersihkan bagian yang tergores dengan menggunakan air, lalu bersihkan air yang sudah dituang tadi menggunakan lap hingga kering. Poles bagian yang tergores menggunakan kompon dengan cepat agar tidak cepat mengering.

3. Dengan Pasta Gigi

Pasta gigi merupakan bahan yang mudah untuk dicari. Tidak hanya berfungsi sebagai bahan untuk membersihkan gigi, pasta gigi juga ampuh dalam membersihkan baret mobil.

Sebelum menggunakan pasta gigi, pastikan terlebih dahulu mobil dalam keadaan bersih. Lalu, siapkan kain lembut yang berfungsi sebagai wadah untuk pasta gigi.

Pertama, basahi kain menggunakan air yang bersih, tuangkan pasta gigi secukupnya sesuai dengan seberapa lebarnya goresan yang ada. Gosok bagian mobil yang baret hingga merata. Pastika menggosok dengan gerakan melingkar supaya hasil merata.

Pemolesan menggunakan pasta gigi sebenarnya kurang efektif apabila hanya mengandalkan pasta gigi, tanpa memadukan bahan lain. Selama goresannya tidak parah, Anda dapat menggunakan cara seperti ini.

4. Cat Ulang

Mengecat ulang merupakan salah satu cara menghilangkan baret mobil yang dalam. Pengecatan mobil dapat dilakukan di bengkel, akan tetapi tidak jarang juga yang mampu mengecat mobilnya sendiri.

Ketika akan melakukannya dengan sendiri, Anda perlu berhati-hati karena hal ini bukan sesuatu yang mudah. Baik dicat di bengkel, maupun melakukannya sendiri, proses pengecatan harus dilakukan secara akurat.

Hal ini karena cat mobil memberikan peran yang sangat besar terhadap keindahan dan warna mobil. Dengan demikian, ketika salah sedikit, penampilan mobil bakal menjadi tidak bagus.

Tidak semua jenis mobil dapay menjadi lebih baik ketika dicat ulang. Sebelum melakukannya, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu mobil Anda layak atau tidak untuk di cat ulang, sebab biaya pengecatan ulang cukup mahal.

Sebelum mengecat, amplas bagian mobil yang baret. Cat mobil yang digunakan bukan keseluruhannya berbahan dasar cat, melainkan dicampur terlebih dahulu dengan tiner.

5. Dengan Minyak Rem

Bahan selanjutnya yang dapat digunakan untuk menghilangkan baret mobil adalah minyak rem. Sebelumnya, kumpulkan dahulu alat pendukung, yaitu kanebo kering.

Langkah pertama tuangminyak rem kanebo kering. Jangan terlalu berlebihan menggunakan minyak rem. Setelah dituang poles kanebo ke permukaan mobil yang baret secara merata.

Anda juga dapat menuangkan minyak rem langsung ke dalam bagian mobil yang sudah tergores. Akan tetapi cara seperti ini perlu dilakukan hati-hati untuk menghindari terpolesnya bagian mobil yang bersih.

6. Dengan Tipe Wax

Menghilangkan baret dengan menggunakan tipe wax hanya dapat dilakukan jika goresan yang terjadi merupakan goresan halus.

Terdapat dua jenis tipe wax, yaitu tipe wax dalam bentuk padat dan cair. Wax cair dapat membuat goresan terlihat lebih samar karena bahannya bersifat abrasif.

Ketika menggunakan wax cair, perlu hati-hati karena jika menggosok terlalu keras, maka goresan bisa makin bertambah. Adapun, wax padat tidak memiliki kandungan bahan abrasif, sehingga aman digunakan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bengkel Bodi Tip Merawat Mobil
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top