Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cat Mobil Memudar? Ini Penyebabnya

Mobil sebagai alat transportasi tentu harus berhadapan dengan berbagai kondisi cuaca maupun bermacam kejadian di sekitarnya yang bisa menghasilkan efek negatif. Hal inilah yang perlu Teman Bisnis ketahui agar cat mobil selalu mengkilap dan awet.
Toyota GR Yaris. /Toyota
Toyota GR Yaris. /Toyota

Bisnis.com, JAKARTA – Mobil sebagai alat transportasi tentu harus berhadapan dengan berbagai kondisi cuaca maupun bermacam kejadian di sekitarnya yang bisa menghasilkan efek negatif. Hal inilah yang perlu Teman Bisnis ketahui agar cat mobil selalu mengkilap dan awet.

Dilansir dari Auto2000, sebab cat mobil yang bersinggungan dengan perubahan cuaca secara ekstrim dan terus menerus tentu akan ada batas kemampuannya. Dalam menjaga kilau cat mobil dalam kondisi baik, pencegahan sangat penting.

Hal pertama yang perlu diketahui adalah paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan cat mobil pudar.

Hal itu bisa terjadi jika selalu memarkirkan mobil di bawah terik dan panasnya matahari. Parkir tanpa atap secara terus menerus dalam jangka waktu lama tentu akan mempengaruhi kilau cat.

Jika dibiarkan begitu terus, maka cat mobil pun bisa pudar di beberapa bagian. Langkah mencegahnya sebenarnya cukup mudah, yaitu hindari lokasi parkir tersebut, cari atau pilih yang ada atapnya untuk menghindari paparan langsung terik matahari.

Selanjutnya, yang bisa memicu cat mobil pudar adalah paparan dengan cairan kimia tertentu, seperti air aki, bensin, thinner, dan lainnya, yang jika tumpah atau mengenai permukaan body mobil dan tak segera dibersihkan maka bisa jadi membuat cat pudar.

Untuk itu, berhati-hatilah terhadap cairan kimia tersebut, dan hindari parkir atau mendekati area di mana cairan tersebut berada. Saat mengisi bahan bakar, lakukan dengan tepat dan aman agar tak ada yang mengenai permukaan body.

Masih ada lagi yang menyebabkan pudarnya cat mobil, yaitu penanganan, perbaikan atau pengecatan mobil yang buruk. Jika mobil Teman Bisnis pernah dicat ulang di tempat yang tak terjamin kualitas pengerjaannya, maka bukan tak mungkin kualitas catnya buruk.

Jika demikian, di kemudian hari area yang dicat ulang tersebut bisa pudar dan membuat tampilan mobil secara keseluruhan tidak sedap dipandang. Untuk itu, penting bagi Teman Bisnis untuk memilih bengkel perbaikan body yang terjamin dan terbaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Khadijah Shahnaz
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper