Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Manfaatkan Cuti Bersama, Ini Cara Simpel Merawat Mobil di Rumah

Cuti bersama 2020 yang dilaksanakan pada 29 Oktober 2020 membuat pemerintah mengambil kebijakan cuti bersama pada dua hari yang berdekatan dengan tanggal tersebut.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 28 Oktober 2020  |  19:45 WIB
Pastikan tidak ada oli yang menetes atau merembes ke komponen-komponen di ruang mesin. Pastikan juga tak ada kebocoran radiator.  - SIS
Pastikan tidak ada oli yang menetes atau merembes ke komponen-komponen di ruang mesin. Pastikan juga tak ada kebocoran radiator. - SIS

Bisnis.com, JAKARTA - Cuti bersama 2020 yang dilaksanakan pada 29 Oktober 2020 membuat pemerintah mengambil kebijakan cuti bersama pada dua hari yang berdekatan dengan tanggal tersebut.

Hal yang dikhawatirkan dari adanya momentum liburan ini adalah ramainya obyek wisata. Padahal sampai saat ini penularan Covid-19 belum menunjukkan tanda penurunan signifikan.

Untuk itu, momentum libur panjang lebih tepat untuk tidak melakukan aktivitas liburan. Berikut adalah tiga langkah merawat mobil di rumah menurut keterangan resmi Auto2000, yang dikutip pada Rabu (28/10/2020).

1. Cek Kap Mesin Mobil

Anda bisa mulai dari melakukan pengecekan mesin. Posisikan mobil Toyota berada di lokasi aman dan teduh. Buka kap mesin dan lakukan pengecekan oli dengan menarik dipstick, volume reservoir radiator, volume minyak rem dan volume cairan wiper.

Pastikan tidak ada oli yang menetes atau merembes ke komponen-komponen di ruang mesin. Pastikan juga tak ada kebocoran radiator.

2. Bersihkan Interior

Setelah cek mesin, Anda bisa lanjutkan pembersihan interior. Manfaatkan vacuum cleaner ukuran kecil atau khusus mobil untuk membersihkan kabin.

Untuk membersihkan dasbor dan panel-panel dengan celah sempit, manfaatkan lap microfiber. Sementara pembersihan permukaan jok, Anda bisa mengandalkan cairan khusus.

Namun, perhatikan dahulu bahan pembungkus joknya, apakah fabric atau kulit sintetis. Keduanya butuh cairan pembersih berbeda.

3. Bersihkan Bodi Mobil

Jika interior sudah bersih, lanjutkan untuk mencuci bodi secara keseluruhan. Basahi seluruh permukaan bodi mobil secara merata dengan air mengalir, sabuni dari bagian atas terlebih dahulu.

Bedakan juga lap membersihkan permukaan bodi dengan membersihkan roda, baik lap untuk bilas maupun mengeringkan. Saat mengeringkan pastikan berada di tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cuti bersama Tip Merawat Mobil
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top