Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Skoda Enyaq iV (2020) : Mobil Bertenaga Baterai 100% Pertama Skoda

Skoda Auto telah melewati 125 tahun perjalanan bersejarahnya. Enyaq iV yang diluncurkan tahun ini menandai langkah besar pabrikan mobil Ceko ini dalam penerapan strategi elektromobilitasnya di masa depan.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 12 Agustus 2020  |  17:15 WIB
Skoda Enyaq iV. Skoda melanjutkan perjalanannya menuju mobilitas listrik, yang dimulai pada akhir 2019 dengan CITIGOe iV dan Superb iV.  - SKODA
Skoda Enyaq iV. Skoda melanjutkan perjalanannya menuju mobilitas listrik, yang dimulai pada akhir 2019 dengan CITIGOe iV dan Superb iV. - SKODA

Bisnis.com, JAKARTA - Skoda Auto telah melewati 125 tahun perjalanan bersejarahnya. Enyaq iV yang diluncurkan tahun ini menandai langkah besar pabrikan mobil Ceko ini dalam penerapan strategi elektromobilitasnya di masa depan.

Enyaq iV merupakan model produksi seri pertama Skoda berdasarkan Modular Electrification Toolkit (MEB) Grup Volkswagen menggabungkan kekuatan tradisional merek seperti kelapangan dan desain yang emosional dengan kesenangan berkendara yang berkelanjutan dan banyak ide Simply Clever.

Ada tiga ukuran baterai dan lima tingkat kinerja yang dapat dipilih, tergantung pada profil kebutuhan. SUV listrik pertama merek ini diproduksi di pabrik utama Skoda di Mlada Boleslav.

Model produksi seri pertama pabrikan Ceko berdasarkan MEB dilengkapi dengan baik untuk perjalanan jarak jauh berkat jangkauan hingga 500 kilometer dalam siklus WLTP dan waktu pengisian yang singkat, juga membuatnya cocok untuk penggunaan sehari-hari.

Desainnya emotif dan modern, dan interior kendaraan juga telah ditata ulang sepenuhnya. Enyaq iV juga menawarkan konektivitas dan solusi infotainment mutakhir serta fitur Simply Clever yang baru.

Konsep penggerak baru dan tiga opsi pengisian termasuk opsi pengisian cepat. Motor belakang menggerakkan roda belakang pada varian entry level.

Pada versi yang lebih bertenaga, motor listrik kedua dipasang di bagian depan untuk mentransfer torsi ke jalan dengan lebih efisien. Total lima versi daya berbeda dan tiga ukuran baterai memastikan kenikmatan berkendara yang berkelanjutan.
Tergantung pada versinya, baik roda belakang atau keempat roda digerakkan. Berkat efisiensi baterai yang tinggi, ban dengan tahanan guling yang rendah (5,9 per mil) dan aerodinamika yang luar biasa untuk SUV (cw dari 0,27), jarak hingga 500 kilometer dalam siklus WLTP dimungkinkan dengan Skoda Enyaq ENYAQ iV.

Dari posisi diam, model teratas Skoda mencapai kecepatan 100 km / jam hanya dalam 6,2 detik; kecepatan maksimumnya adalah 180 km / jam. Jangkauan terpanjang dari kedua versi all-wheel-drive ini hingga 460 kilometer.

Skoda Enyaq iV menawarkan tiga opsi pengisian daya. Selain menggunakan stopkontak rumah tangga standar 230V dengan arus bolak-balik 2,3 kW, kendaraan dapat diisi dayanya dengan nyaman di rumah semalaman menggunakan kotak dinding hingga 11 kW. Bergantung pada ukuran baterai, proses pengisian membutuhkan waktu 6-8 jam.

Sebagai opsi pengisian ketiga, kendaraan dapat dihubungkan ke titik pengisian DC cepat dengan kapasitas pengisian hingga 125 kW. Ini memungkinkan Enyaq iV diisi dari 10-80 persen hanya dalam 40 menit, tergantung pada persyaratan teknis.

Dengan Enyaq iV, Skoda melanjutkan perjalanannya menuju mobilitas listrik, yang dimulai pada akhir 2019 dengan CITIGOe iV dan Superb iV.

Lebih dari sepuluh model iV listrik sebagian atau seluruhnya direncanakan antara 2019 dan akhir 2022 sebagai bagian dari kampanye model. Ini berarti Skoda sedang memasuki era e-mobilitas pada waktu yang tepat; 125 tahun setelah perusahaan didirikan, ini menjadi bagian integral dari DNA Skoda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik Skoda Auto Skoda Enyaq iV
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top