Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pabrik Vrchlabí, Situs Produksi Skoda Pertama Bebas CO2

Tahun ini, pabrik komponen Vrchlabí akan menjadi situs Skoda Auto pertama di dunia yang memproduksi dengan cara netral-CO2.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 09 Juli 2020  |  07:00 WIB
Langkah-langkah penghematan energi yang komprehensif dan spesifik telah menjadi kunci khususnya selama proses konversi pabrik komponen menjadi produksi CO2-netral.  - Skoda Auto
Langkah-langkah penghematan energi yang komprehensif dan spesifik telah menjadi kunci khususnya selama proses konversi pabrik komponen menjadi produksi CO2-netral. - Skoda Auto

Bisnis.com, JAKARTA - Tahun ini, pabrik komponen Vrchlabí akan menjadi situs Skoda Auto pertama di dunia yang memproduksi dengan cara netral-CO2.

Penghematan karbon dioksida terbesar telah dilakukan dengan secara ketat mengubah pabrik teknologi tinggi menjadi penggunaan energi terbarukan - mengurangi emisi CO2 dari 45.000 ton awal per tahun menjadi 3.000 ton saat ini.

Sebagai langkah selanjutnya, sisa emisi sekarang juga akan diimbangi melalui langkah-langkah kompensasi lebih lanjut dan pembelian sertifikat CO2.

Michael Oeljeklaus, Anggota Dewan Skoda Auto untuk Produksi dan Logistik, mengatakan bahwa dari paruh kedua dekade ini, perusahaan secara eksklusif akan menggunakan energi netral-CO2 untuk memproduksi kendaraan dan komponen di situs Ceko.

"Pabrik Vrchlabí akan menjadi fasilitas produksi Skoda Auto netral-CO2 pertama, menjadikannya pelopor global sejati. Dengan demikian, ia juga akan sepenuhnya menjalankan perannya sebagai lokasi teknologi tinggi dalam hal kompatibilitas lingkungan dan efisiensi energi," katanya Rabu (8/7/2020).

Langkah-langkah penghematan energi yang komprehensif dan spesifik telah menjadi kunci khususnya selama proses konversi pabrik komponen menjadi produksi CO2-netral.

Melalui renovasi sistem pemanas pabrik saja, dimungkinkan untuk mengurangi konsumsi energi tahunan sebesar 6.700 megawatt jam (MWh) pada 2012 dan 2013 - penghematan individu terbesar hingga saat ini.

Pada awal 2020, Skoda Auto sekali lagi meningkatkan upayanya untuk mengurangi konsumsi energi di fasilitas Vrchlabí.

Pabrik ini mengejar 12 proyek yang akan menghemat lebih dari 2.000 MWh energi panas dan hampir 1.800 MWh listrik secara total. Ini termasuk langkah-langkah seperti menutup sirkuit pemanas yang tidak digunakan, mengatur suhu ruangan untuk menghemat energi dan secara khusus mengatur aliran udara pasokan.

Selain itu, pencahayaan di berbagai area pabrik terkait dengan jam operasional. Kamera pencitraan termal digunakan untuk mendeteksi kehilangan panas tidak hanya di sekitar gedung, tetapi juga dalam sistem pemanas. Deteksi ini memungkinkan penyelesaian kebocoran sehingga menghemat  CO2.

Skoda juga secara ketat memanfaatkan energi alternatif untuk mengurangi emisi CO2 di lokasi Vrchlabí. Listrik 47.000 MWh listrik setiap tahun untuk produksi; 41.500 MWh (lebih dari 88 persen) sekarang berasal dari sumber terbarukan. Gas alam adalah satu-satunya bahan bakar fosil tersisa dan secara bertahap digantikan oleh metana netral CO2 dari pabrik biogas pada 2021.

Emisi CO2 yang tersisa harus diimbangi melalui langkah-langkah kompensasi dan pembelian sertifikat CO2. Dengan memperoleh sertifikat ini, Skoda mempromosikan proyek perlindungan iklim seperti produksi energi terbarukan di India atau konservasi hutan hujan.

Gearbox direct-shift 7-speed DQ200 otomatis (DSG) telah diproduksi di pabrik Vrchlabí sejak 2012, dengan 2.200 unit dibuat per hari. DQ200 ke-3 juta unit diproduksi pada 2019.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

emisi karbon Skoda Auto
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top