Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

New Normal, Penjualan Suku Cadang Suzuki Kembali Pulih

PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) menunjukkan peningkatan penjualan suku cadang dan aksesori resmi pada masa transisi pandemi Covid-19, setelah sebelumnya anjlok hingga 32%.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 08 Juli 2020  |  18:45 WIB
Sebaiknya kendaraan Anda dibawa ke bengkel sebelum melakukan perjalan mudik. SUZUKI INDOMOBIL
Sebaiknya kendaraan Anda dibawa ke bengkel sebelum melakukan perjalan mudik. SUZUKI INDOMOBIL

Bisnis.com, JAKARTA - PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) menunjukkan peningkatan penjualan suku cadang dan aksesori resmi pada masa transisi pandemi Covid-19, setelah sebelumnya anjlok hingga 32%.

Sparepart Dept. Head PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) Christiana Yuwantie mengatakan penjualan suku cadang Suzuki meningkat sejak Juni 2020 atau saat masa transisi pandemi virus corona. Sebelumnya, penjualan suku cadang Suzuki sempat turun selama 3 bulan berturut-turut.

“Dibuktikan dengan total angka penjualan suku cadang Suzuki, baik domestik dan ekspor di semua segmen pada Juni 2020 mencapai angka 92% jika dibandingkan dengan periode bulan yang sama tahun 2019,” ujarnya dalam keterangan pers, Rabu (8/7/2020).

Data perusahaan menunjukkan peningkatan penjualan suku cadang dan aksesori resmi Suzuki terjadi di Suzuki Genuine Parts, Suzuki Genuine Oil, Suzuki Genuine Accessories, baik untuk mobil maupun sepeda motor, serta Outboard Motor (OBM).

Selama April-Mei 2020, penjualan suku cadang Suzuki sempat anjlok sekitar 32%. Namun, nilai penjualan suku cadang pada Juni 2020 mulai mendekati angka penjualan 2019 yang sebesar 91,6%. Kontribusi terbesar didapatkan dari penjualan suku cadang sepeda motor sebesar 101,5% dan juga penjualan oli sebesar 126,5%.

Masa transisi juga membuat total angka penjualan suku cadang OBM pada Juni mencapai angka 64,3% setelah sebelumnya menyentuh angka 13,6% pada Mei 2020.

Christiana menambahkan kendati penjualan suku cadang OBM pada Juni lalu mulai berakselerasi, tetapi kenaikan itu dinilai belum signifikan karena turis yang datang untuk wisata ke pulau atau pantai masih sedikit.

Selain bengkel resmi, aplikasi My Suzuki juga menjadi alternatif saluran pembelian suku cadang selama masa pandemi Covid-19. Tercatat jumlah transaksi telah kembali stabil pada Juni 2020, setelah sempat turun di bulan April dan Mei.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Suku Cadang Mobil PT Suzuki Indomobil Sales Onderdil Mobil
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top