Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mei 2020, Produksi Mobil Merosot 97 Persen

Pabrikan mobil di Indonesia mengalami penyusutan produksi hingga 97,5% pada Mei 2020. Kebijakan pembatasan sosial berskala besar dan lesunya pasar domestik telah memaksa pabrikan untuk menyesuaikan aktivitas produksinya.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 23 Juni 2020  |  15:50 WIB
Seorang pekerja mengawasi proses pengelasan atau welding yang dilakukan oleh robot di pabrik perakitan Suzuki Cikarang, Jawa Barat.  - Bisnis.com, Muhammad Khadafi
Seorang pekerja mengawasi proses pengelasan atau welding yang dilakukan oleh robot di pabrik perakitan Suzuki Cikarang, Jawa Barat. - Bisnis.com, Muhammad Khadafi

Bisnis.com, JAKARTA - Pabrikan mobil di Indonesia mengalami penyusutan produksi hingga 97,5% pada Mei 2020. Kebijakan pembatasan sosial berskala besar dan lesunya pasar domestik telah memaksa pabrikan untuk menyesuaikan aktivitas produksinya.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), volume produksi pabrikan mobil pada Mei 2020 hanya mencatatkan 2.627 unit, sedangkan periode yang sama tahun lalu mampu memproduksi 103.674 unit.

Kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang mulai dijalankan pada April hingga Mei 2020 telah memaksa pabrikan mobil untuk menghentikan produksinya guna mencegah penyebaran virus corona.

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), misalnya, hanya memproduksi 1.357 unit pada Mei, turun 97% dibandingkan Mei 2019 yang membukukan kinerja produksi sebanyak 45.406 unit.

Selain itu, Daihatsu dan Mitsubishi Motors tercatat tidak sama sekali melakukan produksi sepanjang Mei. Pabrikan lain, seperti Honda memproduksi sebanyak 52 unit, Suzuki 561 unit, Hino 254 unit, Isuzu 174 unit, DFSK 94 unit, Hyundai 7 unit dan Mitsubishi Fuso 2 unit.

Kini, di masa transisi PSBB, pabrikan mobil di Indonesia satu per satu mulai menjalankan kembali aktivitas produksi. TMMIN menyatakan bahwa pada 1 Juni 2020 telah kembali melakukan produksi.

Hal serupa juga dilakukan oleh pabrik Daihatsu yang mulai memproduksi mobil sejak 3 Juni 2020. Begitu pula dengan pabrik Suzuki Indomobil Motor (SIM) yang telah beroperasi kembali mulai 26 Mei 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Produksi Mobil Pabrik Daihatsu Pabrik Toyota
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top