Pandemi Ancam Penjualan, Mobil Anyar Ramai Meluncur Maret 2020

Sejak 12 Maret 2020, setidaknya ada 6 agen pemegang merek yang meluncurkan atau memperkenalkan 11 produk atau varian terbaru.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 29 Maret 2020  |  11:59 WIB
Pandemi Ancam Penjualan, Mobil Anyar Ramai Meluncur Maret 2020
Mercedes-Benz meluncurkan Sedan C-Class Cabriolet di Jakarta, Kamis (12/3/2020) - Dok./Mercedes/Benz

Bisnis.com, JAKARTA - Merebaknya pandemi virus corona atau Covid-19 menghadirkan tantangan bagi industri otomotif baik secara global maupun untuk pasar di dalam negeri.

Tidak hanya suplai atau pasokan bahan baku untuk manufaktur otomotif yang terganggu, penjualan mobil pun diperkirakan bakal terpengaruh oleh sebaran wabah tersebut. 

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi mengakui bahwa eskalasi penyebaran virus corona pada Maret 2020, dan diperkirakan bakal berlanjut beberapa bulan ke depan, memengaruhi aktivitas produksi sejumlah manufaktur otomotif. Kendati begitu, dia mengakui masih ada sejumlah pabrik yang berproduksi normal.

Di sisi lain, Yohannes juga mengakui pandemi itu bakal berdampak pada industri otomotif, terutama dari sisi permintaan. Otomatis dengan berkurangnya permintaan produksi pun berangsur akan berkurang.

"Pasti penjualan turun, permintaan turun, pabrik-pabrik juga akan slow down sendiri," katanya kepada Bisnis, Senin (23/03/2020).

Kendati begitu, sejumlah agen pemegang merek (APM) tetap merealisasikan peluncuran sejumlah produk baru pada Maret 2020. Sejak pertengahan bulan, Bisnis mencatat setidaknya ada 6 APM yang meluncurkan atau memperkenalkan 11 produk atau varian baru.

Lima produk baru Mercedes-Benz dan Mercedes-AMG meluncur dalam pergelaran Star Drive 2020 yang dihelat pada 12-15 Maret 2020 di Mal Senayan City, Jakarta. Lima produk itu terdiri atas tiga model Mercedes-Benz C-Class Cabriolet, GLC Coupé, dan GLE 4Matic, sedangkan Mercedes-AMG meluncurkan dua model, yakni AMG A 35 4Matic dan AMG GT 53 4Matic 4-door Coupé.

Pada ajang yang sama, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia juga memperkenalkan V-Class sebagai keluarga terbaru seri Vans.

Selang sehari, BMW Group Indonesia meluncurkan varian mobil terbarunya yakni BMW The New 6 Gran Turismo M Sport atau BMW 630i Gran Turismo M Sport.

Sepekan kemudian, PT Toyota Astra Motor meluncurkan Toyota New Agya secara online. Pada hari yang sama, PT Astra Daihatsu Motor resmi meluncurkan produk penyegaran atau facelift Daihatsu Ayla dan Sirion.

Terakhir, MG Motor Indonesia, agen pemegang merek Morris Garage di Tanah Air, resmi meluncurkan MG ZS.

Bagaiamana spesifikasi, harga dan target yang ditetapkan APM untuk sejumlah produk baru tersebut? Berikut rangkumannya:

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
otomotif, gaikindo, penjualan mobil, Virus Corona

Editor : Oktaviano DB Hana
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top