Meyer-Logistik Mulai Uji Pakai Truk Lisrik e-Actros

Mercedes-Benz Trucks menyerahkan eActros serba listrik kepada pelanggan untuk pengujian on-road. Penerima kali ini adalah Meyer-Logistik.
Fatkhul Maskur | 21 Oktober 2018 10:08 WIB
Penyerahan eActros ke Meyer-Logistik. Dari kiri: Rene Rudelt, Sales Mercedes-Benz Trucks, Matthias Strehl, Managing Director Meyer-Logistik, Thomas Schmitt, Key Account Manager Mercedes-Benz Trucks, and Heinz Meyer, Managing Partner Meyer-Logistik. - Daimler

Bisnis.com, MANNHEIM  - Mercedes-Benz Trucks menyerahkan armada eActros serba listrik kepada pelanggan untuk pengujian on-road. Penerima kali ini adalah Meyer-Logistik. 

Selama 1 tahun, perusahaan yang bermarkas di Friedrichsdorf, Hessen, ini akan menguji pakai truk 25 ton dengan unit pendingin untuk mengangkut bahan makanan yang peka terhadap suhu dari gudang ke berbagai supermarket di Hamburg. Berat barang yang bisa diangkut mencapai 10 ton.

Perjalanan sehari penuh sekitar 100 kilometer dan ditangani oleh satu pengemudi dalam satu shift. Tidak perlu mengisi daya selama perjalanan karena jarak eActros hingga 200 km. Mobil diserahkan kepada Meyer-Logistik pada hari Kamis di gudang tempat sebuah jaringan supermarket besar Jerman di Stelle dekat Hamburg.

Meyer-Logistik adalah salah satu dari 20 pelanggan dari berbagai industri yang telah mengintegrasikan truk listrik tugas berat ke dalam armada mereka. Masing-masing pelanggan terpilih ini akan menempatkan versi 18 ton atau 25-ton sesuai dengan bidang usaha mereka.

Tujuannya adalah untuk membuat pengendaraan lokal bebas dan kota-kota tidak bising pada 2021. Seri uji terdiri dari dua fase, masing-masing dengan 10 pelanggan dan mencakup rentang waktu total sekitar 2 tahun.

eActros pertama yang disebut "armada inovasi" telah beraksi sejak September dengan pelanggan, dan yang kedua diserahkan pada awal Oktober. Sisa fase pertama hand-overs kendaraan akan selesai pada akhir tahun.

Semua pelanggan uji mengangkut barang di daerah perkotaan dan menggunakan eActros untuk tugas yang seharusnya dilakukan oleh kendaraan diesel konvensional - dalam berbagai sektor dan kategori berbeda. Palet berkisar dari makanan, material bangunan, dan bahan industri. Varian bodi beragam mulai dari kotak pendingin, dan boks, hingga bodi terpal.

Tonggak Uji Lapangan

Oliver Kraft, Kepala Manajemen Akun Kunci Mercedes-Benz Trucks Germany, mengatakan bahwa uji praktis dengan eActros adalah tonggak penting dalam perjalanan menuju produk seri. Setiap pelanggan memberikan kontribusi berharga untuk pengembangan lebih lanjut hingga produksi seri dengan menggunakan dan menguji eActros di daerah yang sangat khusus dari operasi sehari-hari.

Para ahli e-Actros tersedia untuk pelanggan sepanjang waktu. Sebelum memulai, Mercedes-Benz telah memberikan saran intensif kepada pelanggan, termasuk bekerja sama untuk menentukan persyaratan masing-masing, pilihan varian dari eActros dan memilah pertanyaan tentang infrastruktur yang diperlukan. Sebelum tes dimulai, para ahli memberi pengemudi dan pembina pelanggan untuk pelatihan menyeluruh.

"Kami senang bahwa kami sekarang memiliki pelanggan lama kami Meyer-Logistik menguji eActros untuk kami, dan kami berharap dapat menerima banyak wawasan yang menarik," ujarnya dalam keterangan pers, Jumat (19/10/2018).

Konsep Penggerak Alternatif

Matthias Strehl, Managing Director Meyer-Logistik, mengatakan bahwa sebagai perusahaan yang memasok supermarket dengan bahan makanan di wilayah metropolitan, perusahaan ingin menjaga dampak pekerjaan pada manusia dan lingkungan sekecil mungkin. Itulah sebabnya menggunakan konsep penggerak alternatif telah menjadi bagian penting dari strategi perusahaan sejak lama.

"Kami senang dapat menguji drive eActros di Hamburg sekarang. Kami pikir e-truk sempurna untuk mengantarkan lebih dari mil terakhir, misalnya ke supermarket. Karena mereka bebas emisi lokal dan sangat sunyi, yang benar-benar mengurangi beban pada penduduk setempat."

Kotak Berpendingin

Kotak pengganti pendingin pada eActros yang digunakan oleh Meyer-Logistik adalah model "W.KO COOL" yang dipasok oleh Schmitz Cargobull. Ini memiliki isolasi optimal untuk transportasi barang-barang pendingin yang efisien energi. Bodi kuat ini sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari secara intensif. Unit pendingin yang dioperasikan secara elektrik berfungsi sepenuhnya bebas emisi dan dirancang khusus untuk digunakan dalam lalu lintas distribusi.

"Electromobility untuk kendaraan komersial adalah topik yang sangat signifikan yang membuka peluang baru. Kami menggunakan ini dengan unit berpendingin kami," kata Jörg Irsfeld, Kepala IKAM di Schmitz Cargobull.

Arsitektur Khusus

Kerangka Mercedes-Benz Actros digunakan sebagai dasar untuk eActros. Jika tidak, arsitektur kendaraan telah dikonfigurasi khusus untuk sistem penggerak listrik, dengan proporsi komponen khusus yang tinggi. Gandar penggerak, misalnya, didasarkan pada ZF AVE 130 yang telah terbukti nilainya dalam bus hibrida dan sel bahan bakar dari Mercedes-Benz, dan kini telah direvisi secara fundamental untuk eActros.

Sistem penggerak terdiri dari dua motor listrik yang terletak di dekat hub roda belakang belakang. Mereka memiliki output 126 kW masing-masing, bersama dengan torsi maksimum 485 Nm masing-masing. Rasio gearing mengubah ini menjadi 11 000 Nm masing-masing, menghasilkan kinerja yang sebanding dengan truk diesel. Beban gandar maksimum yang diizinkan berdiri di 11,5 ton biasa. Energi berasal dari baterai lithium-ion dengan 240 kWh. Tergantung pada kapasitas pengisian yang tersedia, mereka dapat terisi penuh dalam waktu dua hingga sebelas jam (pada 150 dan 20 kW).

Portofolio Beragam

Daimler telah memperoleh pengalaman dengan truk listrik sejak 2010, dan sejak tahun lalu telah memproduksi seri pertama, truk listrik sepenuhnya di pasar dan di tangan pelanggan: truk ringan Fuso eCanter.

Bus eCitaro pertama akan dikirimkan mulai akhir tahun, dan akan digunakan dalam operasi praktis dalam konteks apa yang disebut uji coba mengemudi yang berorientasi pada pelanggan.

Di sektor van, eVito dari Mercedes-Benz Vans telah dapat dipesan sejak November 2017 dan pengiriman pertama akan segera dilakukan. eSprinter akan menyusul pada 2019. Oleh karena itu, kendaraan dari Daimler Trucks, Daimler Buses dan Mercedes-Benz Vans memastikan bahwa setiap aspek transportasi dalam kota dipenuhi dengan kendaraan listrik.

Konsep ELV

Sebagai bagian dari proyek "Konsep ELV²", pengembangan dan pengujian truk listrik tugas berat untuk operasi distribusi disubsidi hingga derajat yang tertentu oleh Kementerian Lingkungan Federal (BMU) dan Kementerian Ekonomi dan Energi Federal (BMWi).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mercedes-Benz Trucks

Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top