Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gunakan Cairan Ini, Truk Mercy-Daimler Axor Euro 4 Efektif Tekan Emisi

Cairan bernama AdBlue itu berguna untuk menetralisir gas buang truk agar tetap ramah lingkungan.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 07 Juni 2022  |  17:58 WIB
Gunakan Cairan Ini, Truk Mercy-Daimler Axor Euro 4 Efektif Tekan Emisi
Daimler Axor dengan emisi sesuai standardisasi Euro 4 - Bisnis Indonesia/Jaffry Prabu
Bagikan

Bisnis.com, TANGSEL – PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) meluncurkan truk baru, yaitu Mercedes-Benz Axor Euro 4. Kendaraan tersebut menggunakan cairan AdBlue yang belum familiar di Indonesia.

Head of Product & Marketing DCVI Faustina mengatakan bahwa meski belum umum di Tanah Air, AdBlue akan diincar konsumen seiring penerapan standar emisi Euro 4. Pasalnya, cairan itu berguna untuk menetralisir gas buang, sehingga emisi karbon yang dihasilkan lebih ramah lingkungan.

Cairan itu akan populer ke depannya seiring penerapan Euro 4 bagi mesin diesel di Indonesia. Penerapan tersebut pun terbilang agak lambat, mengingat negara lain telah menerapkan standardisasi emisi yang lebih tinggi.

“Karena di sekitar Indonesia sudah menuju Euro 6. Kita bisa sebutkan Singapura, Hong Kong, Jepang, atau Cina,” katanya saat peluncuran . 

Karena itu, Faustina yakin paling lambat dua tahun lagi AdBlue sudah mudah didapat di pasaran. “Tapi untuk saat ini operator [truk/kendaraan diesel] tidak perlu khawatir karena AdBlue sudah didapatkan di jajaran dealer kami yang sudah kami berikan sejak bulan April,” jelasnya.

Mercedes-Benz Axor Euro 4 dilengkapi dengan sistem pembakaran selective catalytic reduction (SCR) dan AdBlue yang telah lama digunakan oleh Daimler Trucks.  

Sistem tersebut akan menurunkan emisi setelah diproses di ruang bakar mesin. Dengan begitu, konsumen tidak perlu khawatir terhadap performa mesin selama beroperasi.

Sistem lainnya adalah Zero Pressure Drain Unit Pump (ZPD Pump). Itu berfungsi mengurangi kebocoran bahan bakar di area plunger sehingga bahan bakar tidak tercampur dengan oli.

 Dengan adanya kombinasi teknologi dan formulasi cairan tersebut, DCVI percaya Mercedes-Benz Axor Euro 4 akan memberikan waktu operasi yang tinggi dengan interval perawatan lebih panjang hingga 50.000 Km. Selain itu juga meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan emisi lebih bersih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top