Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Mercedes Benz Turun pada Juni, Libur Panjang Jadi Kendala

Penjualan Mercedes-Benz PC secara wholesales mengalami penurunan 8,56 persen secara bulanan.
Mercedes SLS AMG./Mercedes Benz
Mercedes SLS AMG./Mercedes Benz

Bisnis.com, JAKARTA — PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) mengalami penurunan penjualan pada Juni 2023. Hal ini pun disebabkan oleh adanya cuti bersama Iduladha yang memberikan jeda transaksi.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Mercedes-Benz PC secara wholesales mengalami penurunan 8,56 persen secara month-to-month (MtM) dari 327 unit menjadi 299 unit per Juni 2023.

Sementara itu, penjualan secara ritel juga turut mengalami penurunan, yakni 4,48 persen dari 357 unit menjadi 341 unit secara MtM per Juni 2023.

Di sisi lain, penjualan wholesales untuk Mercedes-Benz CV mengalami peningkatan 330,76 persen dari 52 unit menjadi 224 unit secara MtM per Juni 2023.

Adapun untuk penjualan secara ritel, Mercedes-Benz CV mengalami penurunan 40,68 persen dari 204 unit menjadi 121 unit secara MtM per Juni 2023.

Head of Marketing Communication and Public Relation PT MBDI Kariyanto Hardjosoemarto mengatakan penjualan relatif lebih stabil untuk Juni 2023. Momen cuti bersama Iduladha pada pertengahan Juni disebut menyebabkan adanya jeda transaksi.

“Di luar itu kegiatan penjualan berjalan seperti biasa,” ujarnya kepada Bisnis, Rabu (12/7/2023).

Lebih lanjut, Kariyanto mengatakan penjualan per Juni 2023 masih didominasi oleh model sedang dengan kontribusi sekitar 49 persen dari total penjualan. Di belakangnya terdapat SUV yang berkontribusi 48 persen, dan sisanya adalah Vans.

Dia pun optimistis penjualan per Juli 2023 akan lebih maksimal dalam mendapatkan permintaan kendaraan baru. Terlebih lagi Mercedes-Benz baru saja meluncurkan empat kendaraan baru, yakni EQA,EQB,New GLC, dan New A-Class pada Star Drive 2023.

“Selain itu kami juga bekerjasama dengan financing partner kami untuk meluncurkan program kredit yang menarik,” kata Kariyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper