Meningkatkan Nilai Tambah Armada di Era Digital : FutureLab@Mercedes-Benz Trucks

Digitalisasi, blockchain, big data, internet of things (IoT), dan kecerdasan buatan (AI) adalah kekuatan pendorong perubahan di sektor logistik.
Muhammad Khadafi | 29 Juni 2018 18:55 WIB
Mercedes-Benz Uptime tersedia di pasar. Namun, ini akan terus ditingkatkan di masa depan berkat pertukaran data yang semakin intensif. - Daimler

Bisnis.com, STUTTGART - Digitalisasi, blockchain, big data, internet of things (IoT), dan kecerdasan buatan (AI) adalah kekuatan pendorong perubahan di sektor logistik. Bagaimana Mercedes-Benz Trucks meningkatkan nilai tambah armada di masa depan melalui jaringan yang konsisten bagi semua pemangku kepentingan yang terlibat?

Perubahan di sektor logistik sudah dalam ayunan penuh. Robot bekerja di gudang, manajemen proses melalui blockchain, analisis yang berguna dari jumlah data yang tak terbayangkan melalui algoritma.

Cara kerja baru yang lincah, seperti Scrum atau Design Thinking, komunitas modern, hub inovasi, dan start-up juga berperan dalam hal ini. Jarang sebelumnya ada begitu banyak perkembangan mengganggu yang harus dihadapi oleh semua pelaku pasar, terutama dalam industri transportasi dan logistik.

Perubahan ini sangat menyapu karena jaringan digital. Konektivitas sudah ada di mana-mana dalam transportasi angkutan jalan, dengan telematika menjadi kata kunci di sini: dalam jangka menengah, semua orang akan saling berkomunikasi, dan semua perangkat akan berbagi informasi satu sama lain - untuk kebaikan semua.

Ketika semua yang berpartisipasi dalam jaringan komunikasi ini menerima informasi yang benar pada saat yang tepat dan di tempat yang tepat, mereka yang bertanggung jawab di Mercedes-Benz Trucks akan mencapai tujuan mereka.

Fleetboard: jari pada denyut nadi waktu

Konektivitas telah menjadi bagian dari setiap truk yang dikirim oleh Mercedes-Benz sejak 2013. Dalam hal konektivitas antara kendaraan komersial berat, Mercedes-Benz Trucks memimpin dengan layanan telematika Fleetboard.

Berkat sekitar 400 sensor, sebuah truk modern sudah menghasilkan potongan informasi yang tak terhitung jumlahnya: perangkat lunaknya berisi 100 juta baris kode - lebih dari pada jet antarbenua.

Data ini dapat digunakan untuk mengembangkan layanan yang membuat transportasi angkutan darat lebih efektif dan efisien.

Mercedes-Benz Uptime menangkap peluang dunia transportasi yang terhubung

Sementara layanan telematika Fleetboard saat ini berfokus pada pengoptimalan proses transportasi dan logistik dan mendesak pengemudi untuk mengadopsi gaya mengemudi hemat bahan bakar dan powertrain, Mercedes-Benz Uptime meningkatkan ketersediaan dan prediktabilitas kendaraan.

Mercedes-Benz Uptime tersedia di pasar. Namun, ini akan terus ditingkatkan di masa depan berkat pertukaran data yang semakin intensif.

Satu setengah tahun sejak peluncurannya, parameter teknis awal trailer telah dimasukkan, yang berarti bahwa kendaraan menghabiskan waktu sebanyak mungkin di jalan dan waktu henti di bengkel dihindari.

Mercedes-Benz Uptime terus memantau status teknis truk melalui Truck Data Center on-board. Data yang dikumpulkan dianalisis secara otomatis dan dikirim langsung ke mitra layanan dan pelanggan bersama dengan tindakan yang direkomendasikan.

Hal ini dapat terjadi secara berkala dengan akumulasi basis, mis. untuk memungkinkan bundling yang lebih baik dan penjadwalan yang dioptimalkan untuk perbaikan dan pemeliharaan mendatang.

Hal ini dapat terjadi sangat cepat hanya dalam beberapa menit: jika ada ancaman serius kerusakan truk, pelanggan segera diberitahu. Ini berarti bahwa kunjungan bengkel dapat diatur sepanjang rute truk yang sudah direncanakan, misalnya.

Idealnya, selama periode istirahat pengemudi, di bengkel memiliki suku cadang yang diperlukan dalam stok karena informasi ini disertakan dengan tindakan yang direkomendasikan.

Mercedes-Benz Uptime karenanya merupakan contoh ideal bagaimana jaringan digital dapat membayar keuntungan baagi pelanggan Mercedes-Benz Truck dalam bentuk peningkatan ketersediaan kendaraan.

KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top