Fokus Pada Pengemudi, Bagaimana Desain Masa Depan? : FutureLab@Mercedes-Benz Trucks

Berkendara otomatis, konektivitas, peraturan lingkungan, dan mobilitas listrik akan memiliki semakin dampak pada desain interior dan eksterior truk. Di Mercedes-Benz Trucks, cockpits dan kontrol baru dikembangkan di sekitar pengemudi berdasarkan prinsip "dari dalam ke luar".
Muhammad Khadafi | 29 Juni 2018 15:00 WIB
desain adalah salah satu faktor penentu utama bagi pelanggan. - Daimler

Bisnis.com, STUTTGART - Berkendara otomatis, konektivitas, peraturan lingkungan, dan mobilitas listrik akan memiliki semakin dampak pada desain interior dan eksterior truk. Di Mercedes-Benz Trucks, cockpits dan kontrol baru dikembangkan di sekitar pengemudi berdasarkan prinsip "dari dalam ke luar".

Karya para desainer di Daimler saat ini dipengaruhi oleh inovasi tingkat tinggi di bidang mengemudi otomatis, mobilitas listrik dan konektivitas serta oleh peraturan lingkungan yang semakin ketat.

Ini juga berlaku untuk mereka yang mendesain interior dan eksterior truk Mercedes-Benz. Mereka harus mempertimbangkan berbagai hal spesifik dalam pekerjaan mereka.

Smartphone sebagai panutan: antarmuka manusia-mesin (HMI)

Mercedes-Benz Trucks benar-benar mengikuti prinsip "dari dalam ke luar" ketika mendesain interior dan kontrol. Semua langkah pengembangan berpusat di sekitar pengemudi. Para desainer mendesain tempat kerja yang lengkap.

Hal ini lantaran pengemudi truk menghabiskan berjam-jam setiap hari duduk di belakang kemudi. Setelah bekerja atau di antara waktu mengemudi, mereka tetap berada di dalam kendaraan selama istirahat mereka. Mereka secara permanen kontak permanen dengan desain yang dibuat para desainer, di mana pun mereka berada.

Cara di mana antarmuka manusia-mesin (HMI) dirancang memiliki dampak besar pada kinerja pengemudi. Baik itu tampilan kecepatan dan rpm atau memilih trek favorit dalam sistem hiburan - tidak hanya harus semuanya memenuhi fungsinya, itu juga harus diterima oleh pengemudi selama beberapa tahun.

"Pajangan seharusnya tidak terlalu menonjol atau terlalu bijaksana. Itulah masalah ketika kami mengembangkan tampilan dan nuansa truk," jelas Annelie Schanz, desainer HMI untuk Mercedes-Benz Trucks, dalam siaran pers Daimler, Rabu (26/6/2018).

"Selain itu, salah satu tantangan terbesar kami adalah untuk menyesuaikan tampilan dan indikator dengan sempurna untuk setiap situasi. Tujuannya adalah agar pengemudi selalu menerima secara tepat informasi yang sebenarnya mereka butuhkan pada waktu tertentu - apakah itu akustik, visual atau haptic. oleh hal-hal lain harus dihindari. "

Antarmuka antara truk dan pengemudi akan terus mengubah banyak hal dalam truk masa depan. Bahkan di truk Mercedes-Benz generasi berikutnya, sistem keselamatan dan bantuan akan memiliki fungsi yang lebih luas.

Untuk pengemudi sebagai orang yang bertanggung jawab di atas kapal, pekerjaan sistem harus ditampilkan dengan cara yang bisa dimengerti. "Dalam jangka menengah, isu-isu seperti Truck Platooning atau laporan lalu lintas yang lebih rinci dan terbaru akan menimbulkan tantangan desain yang sama sekali baru bagi kami," kata Annelie Schanz.

Mengingat semakin kompleksnya, pengendalian intuitif adalah salah satu persyaratan inti ketika merancang antarmuka manusia-mesin: "Pengemudi menginginkan sistem yang sederhana, bukan mesin yang rumit yang membutuhkan banyak waktu untuk terbiasa," kata Annelie Schanz. "Di masa depan kami akan mendesain semua infotainment dan elemen hiburan sehingga mereka dapat dioperasikan seperti tablet atau smartphone menggunakan logika yang sudah akrab dengan pengemudi."

Tren lain yang penting untuk desain antarmuka manusia-mesin adalah personalisasi: di driver masa depan akan memiliki pilihan untuk lebih memribadi penampilan dan kontrol serta pilihan garis desain yang berbeda. Dalam armada kendaraan, setiap pengguna truk akan dapat menyimpan profil mereka sendiri dan memanggilnya setiap kali mereka menggunakan truk.

Eksterior dan interior: desain bersih dengan nilai pengakuan tinggi

Persyaratan hukum yang ketat seperti yang menyangkut dimensi truk memberikan desainer eksterior koridor sempit di mana untuk bekerja. Namun, di sini pihak berwenang setidaknya mengakui perlunya tingkat fleksibilitas untuk memungkinkan tujuan eko-politik tercapai. Selama jangka menengah, dapat dipastikan bahwa taksi pengemudi yang lebih panjang akan diizinkan. Ini akan memberi para desainer eksterior dan interior lebih banyak kelonggaran kreatif.

"Di bagian dalam, kita bisa merancang kabin lebih sebagai ruang hidup dan rekreasi. Di luar, akan mungkin untuk memiringkan kaca jendela lebih banyak untuk lebih meningkatkan aerodinamis," jelas Oliver Stick, desainer eksterior dan interior untuk Mercedes- Truk Benz. "Tubuh dan sisipan yang lebih efisien dapat memainkan peran besar dalam mengurangi emisi CO2 dan konsumsi bahan bakar. Dan, mengingat persyaratan lingkungan yang semakin ketat, mereka adalah poin pengungkit utama untuk meningkatkan truk."

Salah satu tantangan mendasar yang dihadapi desainer truk adalah keragaman model yang lebih luas dibandingkan dengan mobil penumpang. Truk memiliki rentang tugas yang sangat luas untuk dipenuhi, karenanya banyaknya konfigurasi yang berbeda. Belum lagi garis peralatan yang berbeda. "Ini adalah pertanyaan untuk menemukan solusi desain yang selaras dengan penampilan keseluruhan kendaraan," kata Oliver Stick.

Desainer interior dan eksterior terus menghasilkan ide dengan mengadopsi pendekatan klasik: dengan pensil dan kertas. Rancangan rancangan kemudian digitalisasi sebelum memproduksi model tanah liat dari mana model skala penuh diturunkan. Akhirnya model digital yang kompleks dikembangkan, yang kemudian berfungsi sebagai dasar untuk semua langkah produksi lebih lanjut.

Meskipun spesifikasi kebutuhan untuk truk ditentukan secara tepat dan persyaratan hukum belum santai, desainer truk masih memiliki banyak pilihan desain. Oliver Stick: "Desain kami bertujuan untuk fokus pada masing-masing elemen kunci dan pada saat yang sama memberikan daya tarik jangka panjang. Selanjutnya, truk Mercedes harus memancarkan kepemimpinan teknologi, kualitas dan emosi dalam setiap detail tanpa menarik perhatian." Aspirasi estetika yang tinggi, kata Oliver Stick, "Dalam hal barang investasi seperti truk, desain adalah salah satu faktor penentu utama bagi pelanggan."

KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top