Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Alasan Mercedes-Benz Trucks Berupaya Keras Buat Mesin Diesel Efisien dan Ramah Lingkungan

Hal yang sama berlaku untuk armada truk besar dan hauliers kecil adalah soal konsumsi bahan bakar, dan penghematan potensial sekecil apa pun dapat memiliki dampak besar pada biaya keseluruhan menjalankan truk.
Bagi konsumen, penguruangan konsumsi bahan bakar adalah salah satu cara paling efektif untuk menekan keseluruhan biaya armada mereka. -Mercedes-Benz Trucks
Bagi konsumen, penguruangan konsumsi bahan bakar adalah salah satu cara paling efektif untuk menekan keseluruhan biaya armada mereka. -Mercedes-Benz Trucks

Bisnis.com, STUTTGART - Hal yang sama berlaku untuk armada truk besar dan hauliers kecil adalah soal konsumsi bahan bakar, dan penghematan potensial sekecil apa pun dapat memiliki dampak besar pada biaya keseluruhan menjalankan truk.

Sebagai contoh, mari kita asumsikan bahwa truk pengangkutan jarak jauh baru menerima perbaikan aerodinamis dan powertrain yang mengurangi konsumsi solar hingga 3%. Dengan jarak tempuh tahunan 120.000 km, harga solar €1,20 per liter dan konsumsi bahan bakar rata-rata sekitar 30 liter per 100 kilometer untuk truk tua, langkah tersebut akan menghemat sekitar €1.290 per tahun untuk operator. Apabila operator memiliki armada 100 unit traktor maka nilai penghematannya menjadi enam digit, sehingga memungkinkan kendaraan tambahan untuk dibeli.

Mengurangi konsumsi bahan bakar itu penting bagi operator transportasi untuk memastikan profitabilitas bisnis mereka. Konsumsi bahan bakar juga selalu terkait dengan lingkungan.

Perhitungan Tepat

Perhitungan yang tepat memberikan dasar untuk optimisasi lebih lanjut. Perlu digarisbawahi bahwa konsumsi bahan bakar dan emisi CO2 merupakan variabel linier dan karenanya saling terkait satu sama lain. Oleh karena itu, konsumsi bahan bakar yang lebih rendah secara otomatis berarti emisi yang lebih rendah.

Sehubungan dengan standar emisi yang semakin ketat, peningkatan efisiensi bahan bakar memainkan peran kunci. "Satu-satunya cara untuk mendeteksi dan memanfaatkan potensi untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar dan emisi CO2 adalah melalui perhitungan yang tepat dan simulasi yang benar-benar realistis," kata Wolfgang Sülzer, yang melakukan simulasi konsumsi dan perhitungan efisiensi untuk seluruh model model grup di Daimler bersama dengan timnya.

"Hasil simulasi kami membuat kontribusi penting dalam pengembangan kendaraan yang lebih efisien," katanya dalam keterangan pers, Selasa (26/6/2018)

Optimalisasi efisiensi bahan bakar di truk menimbulkan tantangan yang berat bagi para pabrikan: perhitungan yang tepat adalah pekerjaan yang sangat rumit karena berbagai kemungkinan konfigurasi dan area aplikasi. Berbeda dengan mobil penumpang, truk memiliki sejumlah besar komponen variabel seperti mesin, transmisi, atau gandar yang berbeda. Selain itu, tubuh, desain, dan jumlah trailer serta aplikasi truk memiliki dampak besar pada konsumsi. Untuk simulasi yang realistis, perlu juga memperhitungkan data lingkungan yang pasti dan jenis driver yang berbeda.

Wolfgang Sülzer mengatakan, "Kami melakukan pekerjaan ini sehingga kami dapat terus menyediakan pelanggan Mercedes-Benz Truck dengan truk yang menghasilkan uang karena konsumsi bahan bakar mereka yang rendah dan memenuhi persyaratan peraturan yang semakin ketat."

Simulasi Komputer - Serealistis Mungkin

Sebuah tim dari Daimler mengembangkan perangkat lunak simulasi pertama untuk menghitung konsumsi bahan bakar dan energi serta emisi CO2 lebih dari 30 tahun yang lalu.

Dan prinsip dasar saat itu belum berubah sampai hari ini: model kendaraan hadir dalam lingkungan simulasi pada rute dengan profil operasi yang sama persis dengan kebutuhan kelompok pelanggan tertentu.

Para insinyur Daimler terus meningkatkan kinerja perangkat lunak selama bertahun-tahun. Parameter baru dan semakin kompleks telah diperhitungkan untuk membuat perhitungan lebih tepat. Versi perangkat lunak saat ini bahkan dapat mensimulasikan perilaku unit kontrol individu di dalam truk. Replikasi jaringan elektronik di truk ini memberikan dorongan yang sangat penting untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar seluruh sistem.

Simulasi Melengkapi Tes di Jalan

Dengan menganalisis konsumsi bahan bakar dan angka emisi CO2 yang ditentukan oleh simulasi, pengembang dapat mengidentifikasi potensi pengoptimalan lebih lanjut; tes dalam kondisi nyata masih diperlukan di samping simulasi.

Selain simulasi, konsumsi juga diukur dalam tes jalan. Kedua disiplin ini saling melengkapi dan bukannya saling bersaing. Bahkan, tes melibatkan perbandingan antara kendaraan pesaing dan kendaraan sendiri di bawah kondisi umum yang sama, misalnya, yaitu dengan profil operasi yang sama dan rute yang sama.

Namun, tidak mungkin untuk mensimulasikan perbandingan ini sepenuhnya karena Daimler tidak memiliki akses ke semua data kendaraan pesaing. Akan tetapi, simulasi memang menghasilkan perhitungan banyak tindakan dan, dampaknya, pengurangan biaya.

Model Actros saat ini telah mencatat lebih dari 20 juta kilometer uji pada jalan nyata, ditambah dengan pengujian ekstensif di laboratorium material dan dinamometer. Untuk peluncuran pasar di wilayah pertumbuhan Timur Tengah dan Afrika, Mercedes-Benz Trucks meminta truknya untuk menyelesaikan 6 juta kilometer uji lebih lanjut di bawah kondisi terberat di Uni Emirat Arab, baik di jalan maupun di luar jalan, dalam kelembaban tinggi, dan suhu ekstrim hingga 50 derajat Celcius atau lebih, dan dengan beban yang sangat berat.

Data yang dikumpulkan di sini kemudian mengalir ke model-model, yang digunakan Wolfgang Sülzer dan rekan-rekannya untuk mengembangkan lebih lanjut simulasi komputer mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper