Hanya Dalam 3 Pekan, Volvo Luncurkan Truk Listrik Kedua All New FE Electric

Volvo FE Electric dirancang untuk sarana distribusi kota yang lebih berat dan operasi transportasi sampah dengan bobot kotor hingga 27 ton.
Muhammad Khadafi | 28 Mei 2018 10:00 WIB
Volvo FL Electric. - Volvo Trucks

Bisnis.com, JAKARTA - Hanya tiga minggu setelah peluncuran truk listrik yang pertama Volvo FL Electric, Volvo Trucks memperluas jajaran produknya dengan truk listrik lainnya dengan meluncurkan Volvo FE Electric yang dirancang untuk sarana distribusi kota yang lebih berat dan operasi transportasi sampah dengan bobot kotor hingga 27 ton.

Penjualan akan dimulai di Eropa pada 2019.

"Dengan diperkenalkannya Volvo FE Electric, kami memiliki rangkaian lengkap truk bertenaga listrik untuk operasi kota dan mengambil langkah strategis ke depan dalam pengembangan penawaran total kami dalam solusi transportasi listrik," kata kata Claes Nilsson, Presiden Truk Volvo, dalam siaran persnya Selasa (8/5/2018).

Langkah Volvo Trucks membuka pintu bagi bentuk kerjasama baru dengan kota-kota yang menargetkan untuk meningkatkan kualitas udara, mengurangi kebisingan lalu lintas, dan mengurangi kemacetan selama jam-jam sibuk karena operasi komersial dapat dilakukan secara senyap dan tanpa pembuangan emisi saluran angin di pagi hari atau larut malam.

Volvo FE Electric yang pertama, truk sampah dengan suprastruktur yang dikembangkan bersama dengan binaraga koleksi sampah terkemuka Eropa, Faun, akan mulai beroperasi pada awal 2019 di kota terbesar kedua di Jerman, Hamburg.

Hamburg, yang pada 2011 diberi nama European Green Capital of the EU, telah bekerja lama dan sukses di depan yang luas untuk meningkatkan pembangunan perkotaan hijau dan berkelanjutan. Hal ini berlaku tidak sedikit di sektor transportasi, di mana bus listrik dari Volvo sudah digunakan dalam jaringan transportasi umum.

"Pengalaman dan ambisi dari usaha ini membuat Hamburg menjadi mitra yang sangat menarik bagi kami," kata Jonas Odermalm, Wakil Presiden Product Line untuk Volvo FL dan Volvo FE di Volvo Trucks.

Prof Rüdiger Siechau, CEO Stadtreinigung Hamburg, melihat potensi besar untuk manfaat lingkungan dengan truk listrik di kota. Hari ini, masing-masing dari 300 kendaraan truk konvensional memancarkan sekitar 31.300 kg karbon dioksida setiap tahun.

"Sebuah truk sampah bertenaga listrik dengan baterai yang berdiri pergantian penuh 8 - 10 jam adalah terobosan dalam teknologi. Manfaat lain adalah kenyataan bahwa Stadtreinigung Hamburg menghasilkan listrik netral iklim yang dapat digunakan untuk mengisi baterai."

Volvo FE Electric baru akan ditawarkan dalam beberapa varian untuk berbagai jenis tugas transportasi. Misalnya dengan kabin low-entry Volvo, yang membuatnya lebih mudah untuk masuk dan keluar dari kabin dan memberi pengemudi pandangan yang memerintah tentang lalu lintas di sekitarnya.

Lingkungan kerja juga meningkat karena tingkat kebisingan yang rendah dan operasi tanpa getaran. Kapasitas baterai dapat dioptimalkan untuk memenuhi kebutuhan individu, dan pengisian dilakukan baik melalui listrik atau melalui stasiun pengisian cepat.

"Solusi kami untuk transportasi elektrifikasi dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik setiap pelanggan dan setiap kota. Selain kendaraan, kami akan menawarkan semuanya mulai dari analisis rute hingga layanan dan pembiayaan melalui jaringan dealer dan bengkel kami di seluruh Eropa. Kami juga memiliki kemitraan yang erat dengan pemasok infrastruktur pengisian daya," kata Jonas Odermalm.

Fakta, truk bertenaga listrik Volvo Trucks

Volvo FE Electric

- Truk yang sepenuhnya bertenaga listrik untuk distribusi, pengumpulan sampah dan aplikasi lain dalam kondisi perkotaan, GVW 27 ton.
- Driveline: Dua motor listrik dengan daya maks 370 kW (daya contensi 260 kW) dengan transmisi 2 kecepatan Volvo. Motor listrik torsi maks 850 Nm. Poros belakang torsi maksimum 28 kNm.
- Penyimpanan energi: baterai Lithium-ion, 200-300 kWh.
- Jangkauan: Hingga 200 km.
- Pengisian: Dua sistem pengisian berbeda tersedia. CCS2: Daya pengisian maksimum 150 kW DC. Pengisian Daya Rendah: Daya charge maksimum 22 kW AC.
- Waktu pengisian: Dari baterai kosong hingga terisi penuh (300 kWh): CCS2 150 kW appr. 1,5 jam, daya rendah pengisian appr.10 jam.

Volvo FL Electric

- Truk yang sepenuhnya bertenaga listrik untuk distribusi, menolak pengumpulan dan aplikasi lain dalam kondisi perkotaan, GVW 16 ton.
- Driveline: Motor listrik dengan daya maks 185 kW (daya contec 130 kW) dengan transmisi 2 kecepatan Volvo. Motor listrik torsi max 425 Nm. Poros belakang torsi belakang 16 kNm.
- Penyimpanan energi: baterai Lithium-ion, sebesar 100-300 kWh.
- Jangkauan: Hingga 300 km.
- Pengisian: Dua sistem pengisian berbeda tersedia. CCS2: Daya pengisian maksimum 150 kW DC. Pengisian Daya Rendah: Daya charge maksimum 22 kW AC.
- Waktu pengisian: Dari baterai kosong hingga terisi penuh: pengisian cepat 1-2 jam (pengisian DC), pengisian daya malam hingga 10 jam (pengisian AC) dengan kapasitas baterai maksimum 300 kWh.

Tag : Volvo FL Electrik, Volvo FE Electrik
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top