Volvo Luncurkan Truk Listrik Pertama, Ini Spesifikasinya

Pengembangan kendaraan bertenaga listrik tidak hanya pada mobil penumpang. Baru-baru ini, Volvo meluncurkan truk bertenaga listrik pertama untuk penggunaan komersial: Volvo FL Electrik.
Muhammad Khadafi | 28 Mei 2018 09:30 WIB
Volvo FL Electric. - Volvo Trucks

Bisnis.com, GOETHENBERG - Pengembangan kendaraan bertenaga listrik tidak hanya pada mobil penumpang. Baru-baru ini, Volvo meluncurkan truk bertenaga listrik pertama untuk penggunaan komersial: Volvo FL Electrik.

Volvo FL Electrik yang dibangun sebagai truk angkutan distribusi perkotaan akan diproduksi dan dipasarkan di Eropa mulai tahun depan. Dengan produk barunya itu, Volvo Trucks mengklaim sebagai pemimpin dalam solusi untuk transportasi barang beraliran listrik di kota-kota.

"Kami sangat bangga mempersembahkan yang pertama dalam berbagai truk Volvo bertenaga listrik yang siap untuk lalu lintas reguler. Dengan model ini kami memungkinkan kota-kota yang menginginkan untuk pembangunan kota yang berkelanjutan untuk mendapatkan keuntungan dari kelebihan transportasi truk yang dialiri listrik," kata Claes Nilsson, Presiden Volvo Trucks, Selasa (12/4/2018).

Dengan kualitas udara yang lebih baik dan lebih sedikit kebisingan di kota, adalah mungkin untuk merencanakan perumahan dan infrastruktur lebih bebas daripada saat ini.

Sebuah truk listrik tanpa emisi gas buang dapat digunakan di terminal dalam ruangan dan zona lingkungan. Tingkat kebisingan mereka yang rendah menciptakan peluang untuk melakukan lebih banyak pekerjaan di malam hari, sehingga mengurangi beban di jalan pada siang hari.

Ada minat pasar yang cukup besar pada truk-truk listrik. Banyak calon pelanggan memiliki pertanyaan tentang peluang yang dihasilkan oleh teknologi baru dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi operasi mereka.

Untuk membuat transisi aman dan lancar, Volvo Trucks akan menawarkan solusi menyeluruh berdasarkan kebutuhan masing-masing pelanggan terkait siklus mengemudi, kapasitas beban, waktu operasi, jangkauan dan parameter lainnya. Solusi seperti itu dapat mencakup semuanya, mulai dari analisis rute dan optimalisasi baterai hingga servis dan pembiayaan.

"Volvo Trucks bekerja sama dengan beberapa pemasok peralatan pengisian daya. Tujuannya adalah untuk menawarkan pelanggan uptime dan produktivitas yang tinggi," kata Jonas Odermalm, Kepala Strategi Produk Volvo FL dan Volvo FE di Volvo Trucks.

Mendukung penawaran Volvo Trucks adalah keahlian akumulasi Volvo Group dalam solusi transportasi elektrik. Perusahaan saudaranya, Volvo Bus telah menjual lebih dari 4.000 bus listrik sejak 2010. Teknologi yang digunakan untuk penggerak dan penyimpanan energi di Volvo FL Electric telah benar-benar dicoba dan diuji sejak awal dan didukung oleh jaringan luas Volvo Trucks untuk penjualan, servis dan pasokan suku cadang.

"Dari pengalaman kami tahu betapa pentingnya kota-kota, pemasok energi dan produsen kendaraan bekerja sama agar elektrifikasi skala besar menjadi kenyataan. Dengan insentif yang menarik, standar yang disepakati dan strategi jangka panjang untuk perencanaan kota dan perluasan pengisian daya infrastruktur, prosesnya bisa lebih cepat, "jelas Jonas Odermalm.

Volvo Trucks percaya bahwa adalah penting untuk mengambil pandangan menyeluruh tentang elektrifikasi sektor transportasi untuk menangani tantangan yang sedang berlangsung di berbagai bidang seperti pembangkit listrik dan baterai.

Misalnya, untuk memastikan bahwa bahan baku untuk baterai diekstraksi dengan cara yang bertanggung jawab, Volvo Group bekerja dengan jaringan Keberlanjutan Drive, yang memiliki fungsi khusus yang memantau masalah ini.

Grup Volvo juga terlibat dalam berbagai proyek di mana baterai dari kendaraan listrik berat mendapatkan masa sewa kedua, digunakan kembali untuk penyimpanan energi.

"Semua pertanyaan tentang penanganan baterai belum terpecahkan, tetapi kami bekerja secara aktif baik di dalam Grup dan bersama dengan aktor lain untuk mendorong pengembangan dan menciptakan solusi yang diperlukan."

Truk-truk pertama di jajaran Volvo FL Electric sekarang memasuki operasi reguler dengan pelanggan di Gothenburg, markas Volvo Trucks.

Fakta-fakta dan spesifikasi

- Truk yang sepenuhnya bertenaga listrik untuk distribusi, dan aplikasi lain dalam kondisi perkotaan, GVW 16 ton.
- Driveline: motor listrik 185 kW, output daya maksimum / 130 kW, dua transmisi kecepatan, poros baling-baling, poros belakang. Motor listrik torsi max 425 Nm. Poros belakang torsi belakang 16 kNm.
- Penyimpanan energi: 2-6 baterai lithium-ion, dengan total 100-300 kWh.
- Jangkauan: Hingga 300 km.
- Pengisian: Pengisian AC melalui jaringan listrik (22 kW) atau muatan cepat DC via CCS / Combo2 hingga 150 kW.
- Waktu pengisian: Dari baterai kosong hingga terisi penuh: pengisian cepat 1-2 jam (pengisian DC), pengisian daya malam hingga 10 jam (pengisian AC) dengan kapasitas baterai maksimum 300 kWh.
- Dua truk Volvo FL Electric pertama akan dioperasikan oleh perusahaan pengumpulan dan daur ulang sampah Renova dan perusahaan pengangkutan TGM.
- Proyek Off Peak City Distribution mempelajari efek transportasi barang di malam hari di pusat Stockholm. Dengan menghindari lalu lintas jam sibuk, truk dapat melakukan pekerjaannya dalam sepertiga waktu dibandingkan dengan operasi siang hari.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Kendaraan Listrik, Volvo Trucks

Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top