Penjualan Mobil Juni di AS Diperkirakan Naik 2,5%: J.D. Power dan LMC

Penjualan mobil AS pada Juni kemungkinan naik 2,5% dari bulan yang sama 2017 karena konsumen terus memilih truk pickup, SUV, dan crossover yang lebih mahal di antara mobil penumpang meskipun diskon kendaraan baru tetap besar.
Fatkhul Maskur | 28 Juni 2018 01:50 WIB
Deretan mobil baru di diler Chevrolet di National City, California, AS, 3 Juni 2017. /REUTERS

Bisnis.com, DETROIT - Penjualan mobil AS pada Juni kemungkinan naik 2,5% dari bulan yang sama 2017 karena konsumen terus memilih truk pickup, SUV, dan crossover yang lebih mahal di antara mobil penumpang meskipun diskon kendaraan baru tetap tinggi, konsultan industri JD Power dan LMC Automotive mengatakan pada Selasa (26/6/2018).

Namun bulan penjualan positif untuk produsen besar dibayangi oleh kekhawatiran perang perdagangan. "Ancaman tarif tetap di tengah panggung," kepala LMC prediksi kendaraan global Jeff Schuster mengatakan dalam sebuah pernyataan. "Perang dagang yang melibatkan kendaraan akan merusak volume penjualan di Amerika Serikat dan pasar utama lainnya."

Pekan lalu, Jerman Daimler memangkas proyeksi laba 2018, mengatakan tarif impor untuk mobil yang diekspor dari Amerika Serikat ke China akan merugikan penjualan Mercedes-Benz.

Harga kendaraan baru tetap tinggi selama Juni. Transaksi rata-rata untuk semester pertama 2018 akan mencapai US$32.221, melebihi rekor sebelumnya US$31.397 pada 2017, kata konsultan.

Juni akan menjadi bulan kedua berturut-turut dari kenaikan penjualan. Meskipun keuntungan tersebut, paruh pertama tahun ini harus menjadi yang terlemah untuk industri otomotif AS sejak 2014.

Penjualan kendaraan baru Juni AS kemungkinan akan menjadi sekitar 1,508 juta unit, naik dari 1,472 juta unit setahun sebelumnya, kata konsultan.

Perkiraan ini didasarkan pada 14 hari penjualan pertama bulan Juni. Mobil, termasuk Ford Motor Co dan Fiat Chrysler Automobiles NV, akan merilis hasil penjualan Juni AS pada 3 Juli.

Produsen AS No.1, General Motors Co akan menerbitkan laporan penjualan kuartalan pertamanya setelah mengatakan pada April akan berhenti melaporkan penjualan AS per bulan.

Penjualan kendaraan baru AS turun 2% pada 2017 menjadi 17,23 juta unit setelah mencapai rekor tertinggi pada 2016.

Penjualan diperkirakan akan turun lebih lanjut pada 2018 karena kenaikan suku bunga dan lebih banyak mobil model akhir digunakan kembali ke banyak dealer untuk bersaing dengan yang baru.

LMC mempertahankan perkiraan penjualan kendaraan baru pada 2018 di AS sebanyak 17,1 juta unit.

Tingkat penjualan tahunan yang disesuaikan secara musiman untuk Juni akan menjadi 16,9 juta kendaraan, naik lebih dari 1% dari 16,7 juta unit pada Juni 2017, kata konsultan.
Penjualan ritel ke konsumen, tidak termasuk penjualan armada dengan margin rendah ke agen penyewaan, bisnis dan pemerintah, akan meningkat lebih dari 2% pada Juni.

Melalui enam bulan pertama tahun diskon konsumen mencapai US$3.892, naik US$118 dari periode yang sama pada 2017.

Tag : Pasar Mobil Asean, Pasar Mobil Amerika Serikat
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top