Kanada Lobi Big Three AS untuk Lawan Tarif Otomotif

Menteri Perdagangan Kanada minggu lalu bertemu dengan pejabat senior dari General Motors Co dan Fiat Chrysler Automobiles NV di Detroit, sebagai langkah lobi langsung Ottawa ke Big Three untuk menghindari potensi tarif otomatis AS.
Muhammad Khadafi | 28 Juni 2018 20:30 WIB
Truk Toyota tampak mengangkut mobil setelah tiba di Amerika Serikat di National City, California, AS, 27 Juni 2018. / REUTERS

Bisnis.com, OTTAWA - Menteri Perdagangan Kanada minggu lalu bertemu dengan pejabat senior dari General Motors Co dan Fiat Chrysler Automobiles NV di Detroit, sebagai langkah lobi langsung Ottawa ke Big Three untuk menghindari potensi tarif otomatis AS.

Pemerintah Liberal mengandalkan mitra industri untuk menekan target Kanada di Gedung Putih dan di tempat lain, menggunakan pengaruh mereka untuk melindungi kepentingan Kanada, sumber-sumber dengan pengetahuan langsung tentang diskusi kepada Reuters.

Menteri Perdagangan Francois-Philippe Champagne juga mengunjungi pabrik Ford Motor Co di Windsor, Kanada, minggu lalu sebagai bagian dari kampanyenya.
Industri otomotif, eksportir terbesar Kanada, mewakili sekitar 500.000 pekerjaan langsung dan tidak langsung dan menyumbangkan C$80 miliar (US$60,1 miliar) per tahun untuk perekonomian.

"Daripada kami berderap di seluruh Amerika Serikat berbicara dengan semua orang, itu benar-benar terfokus sekarang pada produsen mobil, pemasok mobil," kata salah satu sumber, yang meminta anonimitas karena sensitivitas situasi.

Pesan Kanada adalah "sekarang adalah waktu untuk berbicara, sekarang adalah waktu untuk melakukan pengaruh apa pun yang mungkin dapat Anda bawa," tambah sumber itu.

Champagne mengatakan kepada Reuters bahwa dia telah memperkuat pesan bahwa sistem saat ini harus dipertahankan.

Ditanya apakah dia merasa para eksekutif industri otomotif AS akan menekan para pembuat kebijakan, dia menjawab, "Ini demi kepentingan mereka sendiri untuk membuat semua orang memahami bahwa sifat terpadu dari rantai pasokan di sektor otomotif di Amerika Utara adalah apa yang membuat industri ini kompetitif."

Upaya Kanada selama 18 bulan terakhir untuk membangun dukungan di antara pembuat kebijakan dan komunitas bisnis gagal mencegah Presiden AS Donald Trump memberlakukan sanksi pada baja dan aluminium Kanada.

Secara terpisah pada Rabu, sebuah kelompok yang mewakili General Motors, Ford dan produsen lain mendesak Administrasi Trump untuk menjatuhkan gagasan tarif.

Sumber kedua mengatakan bahwa selama pertemuan, Champagne juga menekankan pentingnya menekan maju dengan pembicaraan untuk meningkatkan pakta perdagangan NAFTA dan meningkatkan daya saing industri otomotif Amerika Utara untuk menghadapi saingan di tempat lain.

Perwakilan Kanada dari Big Three mengajukan pertanyaan kepada Mark Nantais, Presiden Asosiasi Produsen Kendaraan Kanada, yang mengatakan anggotanya bekerja sama dengan Ottawa dalam upaya untuk menghadang tarif.

Jika Trump menerapkan tindakan hukuman terhadap impor otomotif, Kanada akan melihat serangkaian langkah pembalasan, seperti tarif pada mobil AS dan barang-barang lainnya, salah satu sumber mengatakan.

Tetapi sumber-sumber Kanada mengatakan Ottawa bertujuan untuk menangkis tarif otomatis daripada tersedot ke dalam perang perdagangan yang lebih dalam.

Tag : Pasar Mobil Asean, Tarif Impor Otomotif
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top