Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Penjualan Sepeda Motor Kuartal I 2018 Bertumbuh, Ini Faktor Pendorongnya

Penjualan sepeda motor sepanjang kuartal pertama 2018 bertumbuh 3,99% menjadi hampir 1,46 juta unit. Apa faktor pendorongnya?
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 12 April 2018  |  17:06 WIB
Penjualan Sepeda Motor Kuartal I 2018 Bertumbuh, Ini Faktor Pendorongnya
Sepeda motor buatan Indonesia, YZF-R3. - yamahasport
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Penjualan sepeda motor sepanjang kuartal pertama 2018 bertumbuh 3,99% menjadi hampir 1,46 juta unit. Apa faktor pendorongnya?

Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) Sigit Kumala menilai, peningkatan penjualan kendaraan roda dua di dalam negeri pada tiga bulan pertama tahun ini lantaran daya beli masyarakat lebih baik daripada tahun lalu.

Tidak hanya itu, inflasi yang terkendali pada kuartal pertama tahun ini juga menjadi pendorong peningkatan penjualan sepeda motor pada Januari-Maret 2018.

“Saya melihat daya lebih baik daripada tahun lalu, dan inflasinya lebih terkendali, tidak ada lonjakan seperti [kenaikan tarif] listrik, dan lain-lain,” kata Sigit kepada Bisnis, Kamis (12/4/2018).

Dia menjelaskan, peningkatan penjualan sepeda motor yang terjadi pada Maret 2018 bukan karena persiapan menjelang Lebaran tahun ini.

Menurutnya, pabrikan kendaraan roda dua baru akan melakukan persiapan penjualan menjelang Lebaran 1 bulan sebelumnya. Oleh karena itu, para pabrikan sepeda motor baru melakukan persiapan penjualan mulai bulan ini.

Berdasarkan data AISI, penjualan kendaraan sepeda motor di pasar domestik mencapai 1,46 juta sepanjang tiga bulan pertama tahun ini. Sementara pada periode yang sama, penjualan hanya sebanyak 1,40 juta unit.

Dari total penjualan pada Januari-Maret 2018, Yamaha dan Kawasaki merupakan dua merek yang mencatatkan distribusi lebih banyak dibandingkan dengan Januari-Maret 2017. Tercatat, kedua merek tersebut masing-masing memiliki penjualan sebanyak 341.544 unit dan 31.934 unit.

Penjualan sepeda motor merek Yamaha mencatatkan kinerja positif sebesar 19,56% dan Kawasaki tumbuh 31,58% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pada Januari-Maret 2017, Yamaha melakukan distribusi sebanyak 285.668 unit dan Kawasaki 24.269 unit.

Masih berdasarkan data AISI, penjualan tiga merek kendaraan roda dua lainnya pada tiga bulan pertama tahun ini tercatat lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Tidak jauh berbeda dengan penjualan pada tiga bulan pertama tahun ini, penjualan sepeda motor pada Maret 2018 saja juga menunjukkan peningkatan sebesar 21,79% dibandingkan bulan sebelumnya.

Sementara itu, penjualan pada bulan lalu tercatat lebih tinggi 12,97% jika dibandingkan dengan penjualan pada bulan yang sama tahun lalu.

Tercatat, dari lima merek sepeda motor yang ada dalam daftar AISI, 3 di antaranya mencatatkan penjualan yang lebih tinggi pada Maret 2018 dibandingkan dengan penjualan Februari tahun ini. Merek sepeda motor tersebut adalah Honda, Kawasaki, dan Yamaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Penjualan Sepeda Motor PT Astra Honda Motor Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top