Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Sepeda Motor Januari-Februari 2018 Turun Tipis, AISI: Pasar Masih On the Track

Distribusi kendaraan roda dua ke diler pada Januari-Februari 2018 di pasar dalam negeri turun tipis 0,62% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. AISI menilai penjualan masih pada jalurnya.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 19 Maret 2018  |  23:30 WIB
Sepeda Motor Januari-Februari 2018 Turun Tipis, AISI: Pasar Masih On the Track
Model berfoto dengan salah satu sepeda motor yang dipamerkan di Jakarta Fair JIExpo Kemayoran Jakarta, Minggu (11/6). - JIBI/Dwi Prasetya
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Distribusi kendaraan roda dua ke diler pada Januari-Februari 2018 di pasar dalam negeri turun tipis 0,62% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. AISI menilai penjualan masih pada jalurnya.

Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) mencatat, penjualan ke diler atau wholesales sepeda motor di pasar dalam negeri mencapai 922.123 unit pada dua bulan pertama tahun ini. Pencapaian tersebut lebih rendah dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, 927.903 unit.

Sepeda motor Yamaha, Kawasaki, dan Suzuki merupakan merek-merek yang mencatatkan pertumbuhan pengiriman lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Sementara kendaraan roda dua Honda dan TVS tercatat lebih rendah dari Januari-Februari 2017.

Masih dalam data AISI, Honda masih menjadi pemberi kontribusi terbesar terhadap total pengiriman dalam dua bulan pertama 2018, yakni 685.109 unit. Sementara di posisi kedua ditempati Yamaha dengan pengiriman sebanyak 208.418 unit.

Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) Sigit Kumala mengatakan, penjualan kendaraan sepeda motor di pasar domestik masih sesuai dengan jalurnya meskipun pada Januari-Februari 2018 mengalami penurunan 0,62%.

Saat ini, dia mengingatkan, musim panen belum dimulai. Sementara musim panen sangat berpengaruh terhadap penjualan kendaraan roda dua di dalam negeri. “Saya lihat masih on track, karena musim panen belum mulai,” kata Sigit kepada Bisnis pada Senin (19/3/2018).

Sementara itu, Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya mengungkapkan, perusahaan melakukan penyesuaian dengan tren pasar di awal tahun ini, di mana pasar kendaraan roda dua cenderung belum bergairah.

“Di Februari lalu, hari kerja yang lebih pendek kurang dari 20 hari. Untuk dua bulan terakhir, Honda mengalami penurunan 4% dibandingkan dengan tahun lalu,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sepeda Motor Penjualan Sepeda Motor Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top