World Premiere di GMIS 2018, McLaren Senna GTR Lebih Bertenaga dan Makin Cepat

McLaren Automotive menawarkan versi track-only dari model Seri Ultimate terbarunya, yaitu McLaren Senna.
Fatkhul Maskur | 14 Maret 2018 17:00 WIB
McLaren Senna GTR Concept. - mclaren

Bisnis.com, JAKARTA - McLaren Automotive menawarkan versi track-only dari model Seri Ultimate terbarunya, yaitu McLaren Senna.

Diluncurkan secara perdana global (world premiere) di Geneva International Motor Show 2018, McLaren Senna GTR Concept makin bertenaga dengan torsi lebih besar ketimbang McLaren Senna legal-road.

McLaren Senna GTR didesain menjadi mobil tercepat di antara McLarent di luar Formula 1. Mobil ini dilengkapi dengan mesin V8 4.0 liter yang telah ditingkatkan performanya sehingga memiliki tenaga sekurangnya 825 hp.

Sayap depan dan belakang aktif memberikan pengurangan beban 1.000 kg. Sasisnya juga dirancang benar-benar ramping untuk sebuah mobil balap.

Penggunaan nama GTR menekankan betapa pentingnya mobil ini. McLaren yang pertama menggunakan moniker GTR adalah GTR F1 yang menang pada 24 Jam Le Mans pada 1995; dan yang kedua adalah McLaren P1 GTR, versi track-only dari Seri Ultimate pertama.

McLaren Senna GTR akan menjadi penerus dari garis keturunan legendaris ini.

Menggunakan struktur serat karbon Monocage III seperti McLaren Senna untuk memastikan kekuatan dan kekakuan inti yang dibutuhkan mobil dengan rekor kecepatan tertinggi, McLaren Senna GTR berbobot paling ringan 1.198 kg

Rincian teknis McLaren Senna GTR akan dikonfirmasi kemudian pada 2018, namun dipastikan bahwa McLaren akan menjadi yang paling ekstrim yang pernah ada.

Ultimate aerodinamika

Pembagi depan (front spliter) McLaren Senna GTR Concept jauh lebih besar daripada mobil jalan yang setara dan meningkatkan kinerja aerodinamis depan bersamaan dengan aero blade depan yang aktif.

Mobil akan memiliki jalur yang lebih lebar, dan spatbor depan dan belakang diperbesar mengakomodasi modifikasi ini, sementara kulit luar pintu didorong sejauh mungkin ke arah pusat mobil untuk mengalirkan udara dengan lebih baik.

Pendinginan yang disempurnakan

Clamshell belakang McLaren Senna GTR Concept adalah yang terendah McLaren dan memberi performa aerodinamika dan pendinginan.

Gurney flaps yang menonjol, di depan serangkaian louvres melangkah, langsung menjauh dari dek belakang, dan daerah yang dihasilkan dengan tekanan rendah menarik udara panas keluar dari radiator suhu tinggi dan teluk mesin.

Louvres memastikan aliran udara tidak berdampak pada efisiensi sayap belakang.

McLaren Senna GTR berbagi mesin V8 berkapasitas 4.0 liter twin-turbocharged dengan McLaren Senna legal-road, namun modifikasi track-only telah menghasilkan tenaga dan torsi lebih besar daripada 800ps dan 800Nm yang dikembangkan di mobil jalan.

Horsepower akan meningkat menjadi setidaknya 825PS dan, dengan demikian, mobil akan lebih cepat dari model jalan dalam garis lurus.

Perubahan lebih lanjut untuk GTR McLaren Senna termasuk benefit tambahan dari transmisi gaya balapan, suspensi double-wishbone yang direvisi, ban licin Pirelli, dan desain roda baru yang dikembangkan secara khusus untuk penggunaan sirkuit.

Dibebaskan dari kebutuhan untuk mematuhi undang-undang jalan yang ketat dan tidak terikat dengan batasan peraturan motorsport, McLaren Senna GTR Concept memiliki diffuser belakang yang diperkuat secara signifikan.

Paket aerodinamika yang lengkap menciptakan sesuatu yang benar-benar luar biasa: pengurangan tekanan hingga 1.000kg, sekitar 200kg lebih banyak dari pada mobil jalan.

Model yang ditampilkan di Geneva International Motor Show 2018 itu akan diproduksi terbatas 75 unit di pabrik Inggris pada 2019.

KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top