Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ford Motor Ekspansi Jaringan, Tambah 9 Diler

Untuk memperluas penetrasi pasar ke depan, PT Ford Motor Indonesia secara serempak membuka sembilan diler baru di sejumlah lokasi di Tanah Air yang diklaim pabrikan asal Amerika Serikat tersebut potensial untuk digarap
Penambahan diler pun seiring dengan pembaruan produk baru yang getol dilakukan untuk menggenjot penjualan. /Ilustrasi
Penambahan diler pun seiring dengan pembaruan produk baru yang getol dilakukan untuk menggenjot penjualan. /Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk memperluas penetrasi pasar ke depan, PT Ford Motor Indonesia secara serempak membuka 9 diler baru di sejumlah lokasi di Tanah Air yang diklaim pabrikan asal Amerika Serikat tersebut potensial untuk digarap.

Managing Director PT Ford Motor Indonesia (FMI) Bagus Susanto mengatakan, penambahan diler dilakukan sebagai salah satu strategi pihaknya untuk lebih memperkenalkan brand Ford kepada konsumen di Indonesia.

Maklum saja, saat ini pasar Ford di Indonesia tergolong masih kecil jika dibandingkan dengan merek-merek asal Jepang. Di sisi lain Bagus mengakui jika pasar di Indonesia sangat potensial di mata prinsipal mengingat jumlah penduduk yang banyak dengan kelas menengah yang terus bertumbuh disokong pendapatan yang mengalami penaikan.

Kesembilan diler tersebut adalah Ford Nusantara Bumi Serpong Damai, Ford Nusantara Bintaro, Ford Nusantara Depok, Ford Nusantara Pontianak, Ford AK Jaksel, Ford Kumala Palu, Ford Saluyu  Suropati, Ford Citra Palembang, dan Ford Arista Lampung.

“Kesembilan diler baru ini akan membantu menyediakan kenyamanan dan akses yang lebih besar terhadap brand Ford melalui jaringan showroom dan fasilitas kelas dunia yang lebih luas," katanya, Kamis (10/9/2015).

Dia mengklaim kesembilan outlet baru Ford dibangun sesuai dengan standardisasi desain Ford global yang mengedepankan quality, greensafe dan smart. Akhir tahun lalu Ford Indonesia pun sempat menambah tiga diler. Kini jumlahnya mencapai 53 unit diler di seluruh Indonesia.

Model Baru

Dia mengatakan penambahan diler pun seiring dengan pembaruan produk baru yang getol dilakukan untuk menggenjot penjualan. Pada Agustus lalu produsen mobil asal Negeri Paman Sam itu meluncurkan tiga produk terbarunya, yaitu New Ranger, New Focus dan All New Everest.

Tahun lalu pun Ford meluncurkan Ecosport yang kemudian menjadi tulang punggung penjualan pada 2014. Sebelumnya, penambahan jaringan dan pembaruan produk dilakukan FMI tak terlepas dari asa perusahaan tersebut mempertahankan pertumbuhan penjualan.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, pada 2013 penjualan Ford mencapai 9.907 unit. Dari jumlah tersebut tiga kontributor terbesar adalah Fiesta di segmen hatchback dengan penjualan mencapai 5.033 unit atau setara 50,8%.

Di tempat kedua adalah Ranger di segmen pikap kabin ganda dengan penjualan yang mencapai 3.232 unit atau sekitar 32,6%. Sementara itu penyumbang terbanyak ketiga adalah Everest dari segmen sport utility vehicle (SUV) dengan penjualan 959 unit atau sekitar 9,7%.

Pada 2014 pabrikan asal Amerika Serikat itu penjualannya 12.008 unit atau naik sekitar 14%. Kontribusi penjualan Ford tahun lalu sedikit berubah setelah kehadiran segmen urban SUV, Ecosport. Penjualan Ford terbanyak disumbangkan pendatang baru tersebut dengan penjualan 5.603 unit atau setara 46,7%.

Penyumbang terbanyak kedua diduduki Fiesta dengan penjualan yang mencapai 3.015 unit atau sekitar 25.1%. Kontribusi terbanyak ketiga disumbangkan Ranger dengan penjualan 2.669 unit atau setara 22,2%.

Sedangkan Everest tahun lalu hanya terjual 480 unit atau berkontribusi sekitar 4%. Menilik data terakhir Gaikindo, penjualan Ford pada periode Januari-Juli 2015 baru 2.759 unit. Jumlah itu merosot tajam dari perolehan pada periode yang sama tahun lalu 5.851 unit akibat ekonomi melambat.

Pada periode tersebut penjualan Ford masih didominasi Ecosport dengan penjualan yang mencapai 1.558 unit. Penjualan terbanyak kedua disumbangkan Ranger dengan jumlah 690 unit. Sedangkan sumbangsih terbesar ketiga datang dari New Fiesta dengan jumlah 442 unit. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper