Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Motor Sport Gencar Masuk Sulsel

Pabrikan sepeda motor asal Jepang semakin gencar memasarkan produk segmen sport di Sulawesi Selatan seiring dengan meningkatnya daya beli masyarakat di daerah ini
 Motor sport makin digandrungi
Motor sport makin digandrungi

Bisnis.com, MAKASSAR- Pabrikan sepeda motor asal Jepang makin gencar memasarkan produk segmen sport di Sulawesi Selatan seiring dengan meningkatnya daya beli masyarakat di daerah ini.

PT Suracojaya Abadimotor, distributor utama Yamaha wilayah Sulsel dan Sulbar, menargetkan kontribusi segmen sport sebesar 20% dari total estimasi penjualan seluruh segmen sekitar 126.000 unit hingga akhir tahun ini.

Frenky J. Tunandar, General Manager Suracojaya Abadimotor, mengemukakan penjualan motor sport Yamaha dalam beberapa tahun terakhir terus meningkat dengan penguasaan pasar mencapai 75% di wilayah pemasaran perusahaan.

"Demand segmen sport khususnya di Sulsel beberapa tahun memang terus meningkat, sebagai gambaran tahun lalu secara rata-rata bulanan motor sport kita sebanyak 1.200 unit," katanya, Selasa (3/6/2014).

Sejauh ini, motor sport Yamaha yang mendominasi penjualan adalah Vixion dengan kontribusi mencapai 80% dan selebihnya Byson dan Scorpion.

Pada tahun ini, lanjut Frenky, pihaknya juga mulai memasarkan produk anyar Yamaha YZF-R15 yang diproyeksikan bakal lebih mendongkrak penjualan untuk segmen sport.

"Semakin banyak varian sport diharapkan bisa lebih mendongkrak penjualan. Kami targetkan penjualan sepeda motor sport bisa mencapai 2.100 hingga 2.500 unit setiap bulannya," katanya.

Sementara itu, penjualan motor sport Honda pada tahun ini di wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara dan Ambon diperkirakan mencapai 600 unit per bulan.

Sinyo Kalangi, Marketing Manager Astra International-Honda Sales Operation Makassar, mengemukakan varia CB150R diestimasi bakal memberikan kontribusi terbesar dengan persentase mencapai 50%.

"Selain Honda CB150R, kita juga mengandalkan varian terbaru dari MegaPro FI yang porsi penjualannya diperkirakan hampir sama dengan Honda Verza," katanya.

Menurutnya, target penjualan motor untuk segmen sport pada tahun ini tumbuh sekitar 33% dibandingkan dengan realisasi sepanjang 2013 yang mencapai 450 unit per bulan.
Pada tahun lalu, lanjut Sinyo, MegaPro memberikan kontribusi terbesar mencapai 40% untuk penjualan motor sport Honda di wilayah operasional yang meliputi, Sulsel, Sulbar, Sultra dan Ambon.

"Kontribusi MegaPro memang kita perkirakan bakal turun tahun ini, tetapi dari sisi penjualan unit akan tetap meningkat. Hal itu karena permintaan CB150R yang terus meningkat lebih tinggi dibandingkan dengan MegaPro," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper