Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tertarik Beli Motor MotoGP? Harganya Bikin Merinding!

Banderol satu unit motor sekitar Rp34,8 miliar hingga Rp69,6 miliar.
Faustina Prima Martha
Faustina Prima Martha - Bisnis.com 10 Februari 2022  |  14:52 WIB
Tertarik Beli Motor MotoGP? Harganya Bikin Merinding!
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez - Autosport
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Logo "Wonderful Indonesia" akan tampil pada motor balap Desmosedici GP milik Gresini Racing pada MotoGP musim ini dan diharapkan dapat menambah eksposur dan meningkatkan performa pariwisata Indonesia.

Ajang balap bergengsi seperti MotoGP membutuhkan spesifikasi motor berbeda dibandingkan kejuaraan lainnya. Spesifikasi motor balap suatu tim, seperti Desmosedici GP milik Gresini Racing misalnya, menyesuaikan dengan sasaran berkompetisi setiap musim sekaligus berada dalam koridor regulasi penyelenggara ajang MotoGP.

Dikutip dari halaman The Race, sebuah unit motor balap di kelas MotoGP memiliki banderol harga sekitar 2 hingga 4 juta euro (sekitar Rp34,8 miliar hingga Rp69,6 miliar). Rentang harga tersebut ditentukan oleh paket spesifikasi seperti mesin, sasis, suspensi, hingga perangkat pengereman dan elektronik dari sebuah manufaktur. Masing-masing komponen motor tersebut memiliki biaya pembuatan, termasuk juga penelitian dan pengembangan untuk mencapai performa yang diinginkan.

Harga fantastis motor MotoGP disebabkan karena keistimewaan komponen di dalamnya. Melansir Box Repsol, komponen-komponen tersebut terdiri dari dapur pacu hingga kaki-kaki, harga fantastis tersebut sangat wajar.

Pada bagian dapur pacu, harga mesin motor MotoGP kelas atas biasanya berkisar 250 ribu euro atau sekitar Rp4,1 miliar. Hal tersebut belum termasuk dengan biaya perbaikan jika ada kerusakan pada mesinnya.

Sementara, komponen elektronik yang menunjang kinerja mesin seperti sensor, kabel, dan panelnya bisa mencapai 100 ribu euro atau sektara dengan Rp1,6 miliar. Laporan Box Repsol menyebutkan, tidak ada komponen yang harganya dibawah seribu euro.

Pada bagian kaki-kaki, motor MotoGP biasanya berkiblat pada standar yang sudah ditentukan oleh Federasi Motor Internasional (FIM). Misalnya, pada bagian rem yang bisa tembus di angka 70 ribu euro atau setara dengan Rp1,1 miliar, dan harga ini belum termasuk dengan pajak.

Harga rem tersebut sudah sepaket dengan tiga pasang kaliper, tiga silinder, 10 cakram karbon dan 28 bantalan yang akan menunjang kaki-kaki motor MotoGP. Selain itu, ini belum termasuk jika sebuah tim membutuhkan lebih banyak bagian kaki-kaki untuk menjalani musim yang panjang dan memperbaiki jika ada kerusakan.

Ban juga membuat harga sebuah motor MotoGP menjadi sangat mahal. Setiap motor MotoGP memiliki ban khusus yang berbeda tiap sirkuit. Michelin yang diketahui sebagai penyuplai tunggal ban motor MotoGP setidaknya harus menyiapkan 1,2 juta Euro yang setara dengan Rp19,4 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sepeda motor MotoGP Motor Sport MotoGP Mandalika
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top