Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Awal 2014 Masa Paceklik bagi Pasar Mobil Bekas

Pedagang kendaraan bekas bersiap menghadapi musim paceklik karena sepi transaksi pada kwartal I/2014 akibat banyak konsumen menunda pembelian mobil untuk menunggu perkembangan situasi ekonomi nasional.
 Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua/Antara
Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pedagang kendaraan bekas bersiap menghadapi musim paceklik karena sepi transaksi pada kwartal I/2014 akibat banyak konsumen menunda pembelian mobil untuk menunggu perkembangan situasi ekonomi nasional.

Herjanto Kosasih, Manager Senior Pemasaran Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, mengatakan situasi ekonomi nasional diperkirakan makin terpengaruh gejolak moneter yang berkepanjangan dan suhu politik nasional menjelang Pemilu.

“Kami prediksi kondisi tersebut dapat memperparah musim paceklik pasar mobil bekas yang biasanya terjadi pada periode Januari-April, sehingga transaksi yang biasa sepi akan menjadi semakin sepi,” ungkapnya, Kamis (2/1/2014).

Kondisi pasar kendaraan bekas yang sepi, menurutnya, semakin dirasakan oleh para pedagang yang berjualan di showroom tunggal, yaitu menempati satu unit toko atau ruko dengan jumlah kendaraan yang dijual relatif terbatas.

Dia mengatakan dalam situasi pasar sepi tersebut pengelola Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua bersama para pedagang masih berani untuk membuat target penjualan hingga akhir 2014 mencapai 35.000 unit.

Proyeksi tersebut lebih kecil dari pencapaian angka penjualan pada 2013 sebanyak 45.000 unit, karena berbagai pertimbangan seperti faktor eknomi nasional yang dibayangi gejolak moneter hingga rupiah terpuruk dan suhu politik memanas terkait pelaksanaan pemilihan umum parlemen dan presiden RI.

 “Tahun lalu kami menetapkan target penjualan 30.000 unit, ternyata bisa terlampaui hingga mendekati angka 45.000 unit. Tetapi, tahun tahun ini, dengan pertimbangan situasi ekonomi nasional, kami cukup dengan target 35.000 unit,” ujarnya.

Menurutnya, permintaan konsumen yang paling banyak masih didominasi kendaraan perkotaan atau city car, termasuk Avanza dan Xenia, serta jenis kendaraan dengan kapasitas mesin lebih kecil yang efisien bahan bakar.

Herjanto menjelaskan untuk mengantisipasi masa paceklik penjualan kendaraan bekas selama kwartal I/2013 itu pihaknya bersama para pedagang melakukan konsolidasi internal untuk menjaga loyalitas konsumen.

Selain itu, lanjutnya, meningkatkan kualitas pelayanan dengan memilih kendaraan yang dijual benar-benar terjamin kualitasnya agar tidak merusak citra Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua sebagai salah satu pusat perdagangan mobil bekas terbaik dan terbesar di Tanah Air.    

Adapun kualitas pelayanan itu juga mencakup kemudahan bertransaksi bagi konsumen yang didukung oleh lembaga keuangan seperti BCA Finance yang siap mengucurkan kredit kepemilikan kendaraan dengan bunga 7,25% untuk tiga tahun.

“Kemudahan transaksi dengan fasilitas kredit itu juga menjadi perhatian utama kami karena sebagian besar pembeli kendaraan bekas mencapai 60% menggunakan kredit dan sisanya 40% secara kontan,” tegasnya.  

Dia juga mengungkapkan permintaan pasar mobil bekas yang meningkat cukup signifikan menjelang tutup tahun lalu hingga menembus angka lebih dari 2.500 unit menjadi penyumbang cukup besar terhadap total penjualan selama 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper