Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nissan Luncurkan Mobil Murah Datsun Go, Ini Spesifikasinya

Bisnis.com, JAKARTA—Nissan Motor meluncurkan kembali merek Datsun yang sempat vakum selama 32 tahun. Perusahaan Jepang itu memperkenalkan Datsun Go di India, Senin (15/7/2013), dan akan memasarkannya mulai awal 2014.

Seperti apakah mobil yang juga bakal dipasarkan di Indonesia sebagai mobil murah dan ramah lingkungan (low cost and green car/LCGC) itu?

Meski harga pastinya belum dirilis secara resmi, Datsun Go diyakini akan dibanderol di bawah 4 lakhs (400.000 rupee atau sekitar Rp67 juta. Mobil hatchback itu dibekali mesin bensin 1.200 cc 3 silinder dengan transmisi 5 percepatan manual.

Mesin ini juga dipakai Nissan Micra Active, mampu menyemburkan tenaga maksimum 68 PS dan torsi 104 Nm. Nissan tentu menyesuaikan kembali mesin itu untuk Datsun Go agar bisa mencapai tingkat efisiensi bahan bakar yang diinginkan.

Nissan dikabarkan juga menyiapkan varian diesel, yang dibekali mesin 1.461 cc bertenaga maksimum 64 Bph dan torsi 160 Nm. Datsun Go diesel diperkirakan dipasarkan seharga 450.000 rupee atau Rp75 jutaan.

Merek Datsun sengaja dihidupkan kembali untuk mengisi pasar negara dengan pertumbuhan ekonomi tinggi (emerging market), seperti India, Afrika Selatan, Indonesia, dan Rusia. Datsun Go berasal dari nama mobil Datsun pertama yaitu Dat Go yang diluncurkan di Jepang pada 1914.

Nissan mengklaim Datsun Go akan menyajikan interior terbaik, sehingga mampu bersaing dengan mobil sekelas seperti Maruti Suzuki Wagon R dan Hyundi i10. Mobil yang akan dirakit di pabrik Renault-Nissan di Chennai, India, itu juga akan dibekali dengan mobile docking system untuk koneksi ke smartphone.

Mobil kecil Renault yang segera diperkenalkan yakni A-Entry kemungkinan berbagi komponen dengan Datsun Go, yang juga akan diekspor ke pasar lain dari India. Nissan kemungkinan tidak meneruskan produksi Micra Active, setelah peluncuran Datsun Go.

Nissan sengaja tidak menggunakan nama sendiri untuk mobil murah karena khawatir menurunkan citra mereknya. Nama Datsun yang pernah melegenda di pasar otomotif dunia dinilai pantas untuk mempromosikan mobil murah tersebut.

Datsun Go merupakan mobil murah pertama, masih ada model lain yang lebih murah (harga di bawah 2,5 lakhs atau Rp40 jutaan) yang akan dirilis pada 2016. Hatchback murah lain juga sedang digarap untuk meluncur pada 2015.

Datsun mulai beroperasi pada 1911 sebagia Kaishinsha Motor Car Works dan berganti nama menjadi DAT Motor Co pada 1925. DAT berasal dari nama tiga orang penopang keuangan perusahaan.

DAT singkatan dari Dream Access Trust. Dat Motor Co diambil alih oleh Nissan pada 1933 dan kemudian disebut Datson. Nissan lalu mengganti Datson menjadi Datsun karena son berarti kehilangan dalam Bahasa Jepang, sedangkan sun lebih dikenal sebagai lambang bendera Jepang. Merek Datsun digunakan oleh Nissan untuk mobil murah di pasar luar Jepang. Pada Maret 1986, produksi merek itu dihentikan total.

Spesifikasi Datsun Go Bensin

Tipe

Hatchback

Segmen

B

Kapasitas mesin

1.200 cc

Tenaga maksimum

68 PS/75 Bhp

Torsi maksimum

104 Nm

Dimensi (mm)

3.785 x 1.635 x 1.485

Tempat duduk

5

Ukuran ban

13 inci

Suspensi

NA

Steering

Power steering

Rem

Cakram depan, drum belakang

Percepatan

5 Manual

Tachometer

X

Alloy

X

Indikator ORVM

X

Lampu depan Xenon

X

Trip meter

2

Airbag

X

Sensor parkir

X

Fog lamp

X

Traction control

X

ABS/EBD/ESP

X

Seat belt belakang

3

AC

Tanpa pengatur suhu

Power window

Central locking

Remote

Remote boot

Remote fuel filler

Wiper belakang

Defogger belakang

Armrest belakang

Sistem musik

Kaca jendela

Manual kedua sisi

Kursi belakang lipat

Sumber: Nissan, maxabout.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :
Editor :
Sumber : oncars, berbagai sumber
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper