Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rencana Akuisisi Opel, PSA Group Siapkan US$2,1 Miliar

Grup otomotif raksasa asal Jerman, PSA Group, kini semakin mendekati kata sepakat untuk rencana akusisi terhadap unit bisnis General Motors Co, Opel, untuk menjadi produsen otomotif terbesar kedua di Eropa.

Bisnis.com, JAKARTA - Grup otomotif raksasa asal Jerman, PSA Group, kini semakin mendekati kata sepakat untuk rencana akusisi terhadap unit bisnis General Motors Co, Opel, untuk menjadi produsen otomotif terbesar kedua di Eropa.

Saat ini, kedua perusahaan sedang berencana untuk melanjutkan sejumlah diskusi negosiasi lebih lanjut sepanjang akhir pekan ini yang rencananya akan diumumkan ke publik pada Senin mendatang.

Chief Executive Officer PSA Carlos Tavares mengungkapkan bahwa pihaknya berencana membangkitkan kembali unit bisnis milik GM, Opel, yang dinilai tidak lagi menguntungkan dan mengambilalih sejumlah brand milik Vauxhall dengan rencana restrukturisasi yang serupa, seperti yang telah dilakukan terhadap Peugeot dan Citroen yang sempat terancam bangkrut dalam tiga tahun terakhir.

Carlos juga menyatakan bahwa Opel yang berbasis di Frankfurt tersebut nantinya akan menjadi pendorong pertumbuhan dengan potensi ekspansi ke luar Inggris.

Volum penjualan di industri otomotif di Eropa tercatat tengah mengalami kejenuhan, namun nilai ekspor tahunan GM ke Inggris yang tercatat mencapai 1,2 juta, diharapkan dapat membantu PSA dalam ‘menyebarkan’ biaya pengembangan model dan mesin baru sepanjang jumlah kendaraan yang lebih banyak.

Selain itu, GM dan PSA juga tengah dalam pembicaraan terkait rencana pengaturan program pensiun bagi para pensiunan Opel yang mengalami kekurangan dana hingga US$9 miliar, berdasarkan data Bloomberg.

Sejumlah pembicaraan lainnya juga terkait penyelesaian biaya lisensi terhadap teknologi yang digunakan mobil yang diproduksi Opel serta rencana untuk memangkas kapasitas produksi.

Tidak hanya itu, PSA juga berencana melakukan pertemuan dengan sejumlah petinggi serikat pekerja di Eropa yang telah dijadwalkan minggu depan sebagai salah satu proses pengambilalihan pabrikan otomotif Opel tersebut.

Namun, pihak PSA mengkonfirmasi bahwa pertemuan kemungkinan dapat dibatalkan atau diundur dan enggan berkomentar lebih lanjut.

Satu hal yang menjadi perhatian dalam negosiasi tersebut adalah bagaimana pihak PSA dapat mengumpulkan dana hingga 2 miliar euro atau senilai US$2,1 miliar untuk rencana akuisisi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper