Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hyundai Santa Fe Hybrid Siap Meluncur, Ini Daftar SUV Hibrida di Indonesia

Daftar SUV hibrida di Indonesia jelang peluncuran Hyundai Santa Fe Hybrid
Suasana Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (31/3/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Suasana Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (31/3/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Persaingan di segmen mobil sport utility vehicle (SUV) hybrid di Indonesia akan semakin sengit, seiring dengan peluncuran Hyundai Santa Fe Hybrid pada Oktober mendatang.

Sebelumnya, President Director PT Hyundai Motors Indonesia Woojune Cha mengatakan, kehadiran All-New Santa Fe sangat spesial, sebab ini merupakan kali pertama Hyundai Motors Indonesia memboyong kendaraan hybrid di pasar Indonesia.

"All-New Santa Fe akan resmi meluncur pada Oktober 2024 untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi pelanggan," ujarnya dalam keterangan resmi dikutip Senin (30/9/2024).

Meskipun belum resmi diluncurkan, salah satu tenaga penjual Hyundai membocorkan kisaran harga Santa Fe Hybrid dibanderol mulai dari Rp700 juta.

"Kalau harga belum official, nanti setelah peluncuran baru diumumkan harganya. Estimasi sekitar Rp700 juta sampai Rp800 juta untuk yang hybrid," ujar tenaga penjual Hyundai kepada Bisnis, belum lama ini.

Menilik spesifikasi singkatnya, All-new Santa Fe dirancang dengan desain lebih tangguh dan performa yang lebih bertenaga dibandingkan generasi sebelumnya. 

Model ini akan hadir dengan dua pilihan powertrain yaitu Hybrid Electric Vehicle (HEV) didukung oleh mesin bertenaga turbo hybrid 1.6 T-GDI HEV serta opsi internal combustion engine (ICE) dengan dukungan mesin berbahan bakar bensin 2.5L GDI.

Nantinya, akan ada tiga varian dari Hyundai Santa Fe terbaru, yakni Santa Fe Calligraphy, Prime, dan HEV (hybrid electric vehicles). Alhasil, pilihan mobil SUV hybrid akan semakin beragam untuk konsumen di Indonesia.

Sebagai informasi, mobil segmen SUV dirancang khusus untuk melibas berbagai medan jalan. Untuk melibas medan offroad, SUV biasanya dibekali sistem penggerak empat roda (4WD). Namun, ada juga SUV yang tidak dibekali sistem 4WD, tipe itu biasanya disebut small SUV.

Sementara itu, untuk model hibrida (hybrid electric vehicle/HEV) artinya kendaraan itu memiliki dua sumber penggerak utama, yakni mesin konvensional dan juga baterai. Mobil hybrid umumnya lebih hemat bahan bakar dan rendah emisi dibandingkan mobil konvensional.

Berikut daftar SUV hybrid di Indonesia:

1. Honda CR-V e:HEV

Salah satu model SUV HEV yang akan tersaingi langsung dengan kedatangan Santa Fe Hybrid adalah Honda CR-V e:HEV. Sebab, dari segi harga tidak jauh berbeda, yakni dibanderol Rp814,4 juta per unitnya.

Jika menilik spesifikasinya, Honda CR-V e:HEV menggendong mesin 2.0L DOHC i-VTEC Engine + Electrical Motor dengan tenaga 207 PS dan torsi 335 Nm. Selain itu, mobil itu menggunakan transmisi E-CVT dan baterai lithium ion.

Dari segi dimensi, CR-V Hybrid memiliki panjang 4.691 mm, lebar 1.866 mm, tinggi 1.681 mm. Mobil itu juga dibekali fitur keselamatan seperti Honda Sensing, termasuk Collision Mitigation Braking System (CMBS), Adaptive Cruise Control with Low-Speed Follow (ACC with LSF), dan lainnya.

2. GWM Tank 300 HEV

Selanjutnya, ada SUV Hybrid GWM Tank 300 HEV yang diproduksi oleh produsen asal China, Great Wall Motor (GWM). SUV tangguh dengan sistem penggerak 4WD itu dibanderol seharga  Rp828,88 juta on the road (OTR) Jakarta.

Adapun, GWM Tank 300 HEV menggunakan mesin tipe E20NA 2.0T yang mampu menghasilkan tenaga 342 HP dan torsi maksimum 648 Nm.

3. Wuling Almaz RS Pro Hybrid

Pilihan model SUV asal China lainnya yaitu Wuling Almaz RS Pro Hybrid yang dibanderol seharga Rp442 juta OTR Jakarta.

Wuling Almaz RS Pro Hybrid dibekali transmisi teknologi Dedicated Hybrid Transmission (DHT) untuk meneruskan dan membagi daya antara mesin bensin 2.000 cc, motor penggerak 123 HP, serta motor generator 130 kW.

4. Nissan Kicks e-Power

Berikutnya, model SUV hybrid milik Grup Indomobil, yakni Nissan Kicks e-Power yang harganya mencapai Rp519 juta OTR Jakarta.

Dapur pacu Nissan Kicks e-Power dibekali mesin bensin 1.2-liter yang berfungsi sebagai penyuplai energi bagi baterainya yang berkapasitas 2,06 kWh. Adapun, motor listriknya bertenaga 134 ps, sedangkan torsinya 280 Nm.

5. Suzuki XL7 Hybrid

Suzuki XL7 Hybrid merupakan salah satu opsi SUV hibrida termurah di Tanah Air yang harganya dibanderol Rp287,2 juta hingga Rp310,2 juta.

Adapun, Suzuki XL7 Hybrid dibekali mesin konvensional berkode K15B 1.5-liter berdaya 103 HP dan torsi 138 Nm yang dipadukan dengan baterai lithium-ion 10 Ah 12 V.

6. Toyota Yaris Cross Hybrid

Tak ketinggalan, ada juga pilihan SUV Toyota Yaris Cross Hybrid milik PT Toyota Astra Motor (TAM) yang dibanderol seharga Rp440,6 juta hingga Rp454,95 juta OTR Jakarta.

Yaris Cross hybrid mengadopsi mesin bensin 2NR-VEX 1.5-liter bertenaga 89,8 HP serta torsi 121 Nm. Mesin itu dikombinasikan dengan baterai lithium-ion plus motor listrik berdaya 79,1 hp dan torsi 141 Nm.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper