Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Test Drive Mitsubishi Triton Libas Medan Off-Road, Begini Sensasinya

Mitsubishi All New Triton mampu melibas medan off-road ekstrem karena dibekali mesin tangguh dan ditunjang dengan beragam fitur canggih
Triton ULTIMATE AT Double cab 4WD / Mitsubishi
Triton ULTIMATE AT Double cab 4WD / Mitsubishi

Bisnis.com, BOGOR - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah meluncurkan segmen pikap 4x4 All New Triton di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2024.

Bisnis berkesempatan untuk menjajal langsung dan menguji ketangguhan All New Triton di medan off-road ekstrem di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat pada Senin (9/9/2024).

Adapun, MMKSI menyediakan total 12 unit All-New Triton yang terdiri dari varian Ultimate, yang merupakan varian tertinggi dengan transmisi otomatis, serta varian GLS dan HDX yang dilengkapi dengan transmisi manual. 

Pada varian Ultimate, mode penggerak roda dapat dioperasikan dengan Super Select-II yang memiliki 7 mode berkendara dengan selector dial pada kecepatan di bawah 100 km/jam. 

Sementara itu pada varian lainnya, mode penggerak roda dapat dioperasikan dengan sistem tuas yang lebih disukai untuk mobil operasional penunjang bisnis, dengan pilihan yang sama, yaitu: 2WD (2H) hingga 4WD (4H,4L).

Sesi test drive dimulai dengan jalur turunan curam, diikuti jalanan yang cukup bergelombang. Uniknya, saat dijalankan dengan performa minimum di RPM 1.000-1.500, Triton tetap mampu melibas jalanan off-road, tanpa perlu menginjak gas dalam-dalam.

Selanjutnya, memasuki trek dengan jalan yang tidak rata dan banyak gundukan, dengan kecepatan 10-20 km/jam. Karakter kokoh dari Mitsubishi All-New Triton dapat dirasakan berkat pembaruan pada rangka sasis, dengan luas penampang 65% lebih besar dibandingkan model sebelumnya. 

Tak hanya itu berbekal ketinggian ground clearance Mitsubishi All-New Triton yang mencapai 222 mm, yang sangat membantu dalam mengemudi di medan off-road. Pembaruan pada sistem suspensi juga meningkatkan stabilitas berkendara, termasuk saat menghantam lubang cukup dalam.

Di sepanjang trek, terdapat berbagai rintangan, termasuk genangan lumpur dan side ramp dengan trek permukaan miring. Genangan lumpur memiliki panjang sekitar 3 meter dengan kedalaman berkisar antara 10-30 cm. 

Untuk menavigasi area berlumpur ini dengan efektif, pengemudi dapat memanfaatkan fitur drive more ‘Mud’ dan Real Differential Lock, untuk membantu mempertahankan traksi saat ban tergelincir di kontur jalan yang tidak rata dan licin. 

Saat menjajal tanjakan curam, pengendara dapat mengaktifkan fitur Hill Start Assist (HSA), Approach and Departure Angle yang lebih tinggi dibandingkan model sebelumnya, serta torsi dan daya yang superior. 

Sementara pada trek menurun, pengemudi dapat memanfaatkan Engine Break yang lebih optimal. Tak hanya itu, hadirnya fitur Active Stability and Traction Control (ASTC) juga memberikan stabilitas di berbagai medan dan kondisi jalan.

Secara keseluruhan impresi berkendara, keunggulan All New Triton ini pun cukup terasa di habitat aslinya, maka tak heran segmentasi pasar mobil tersebut yaitu perusahaan pertambangan hingga perkebunan.

Spesifikasi All New Triton

Menilik spesifikasinya, Mitsubishi All New Triton hadir dengan pengembangan pada ladder frame baru dengan luas penampang sasis yang 65% lebih besar dibandingkan model sebelumnya. 

Tak hanya itu, Mitsubishi All  New Triton menerapkan desain baru, yang menampilkan bahasa desain khas Mitsubishi Motors 'Dynamic Shield' pada bagian depan, yang ditonjolkan melalui lampu T-shape.

Mitsubishi All-New Triton dibekali mesin diesel turbo 2.4L 4N16 Euro-4 yang lebih bertenaga serta lebih efisien, dengan tenaga maksimal 184 PS/ 135km dan torsi sebesar 430 Nm. Keandalan mesin Mitsubishi All-New Triton, dilengkapi dengan kemampuan 4x4 untuk dikendarai di berbagai medan, dengan ground clearance hingga 222mm.

Berbagai fitur baru disematkan, detail seperti penggunaan bahan kulit dengan jahitan yang rapi pada kursi, 8-inch Audio Head Unit, 7 Drive Mode, Dual Zone Climate Control, Wireless Charger, dan 7-inch color LCD multi-information display, serta fitur lainnya.

Mitsubishi All-New Triton tersedia dalam 6 varian dan 5 pilihan warna, yaitu White Diamond, White Solid, Graphite Gray Metallic, Blade Silver Metallic, dan Jet-Black Mica.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rizqi Rajendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper