Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Mobil Lesu, Honda ‘Lempar Handuk’ Kejar Target

Honda Prospect Motor alias HPM masih sangsi terkait pemulihan penjualan mobil di Indonesia.
Mobil Honda WR-V / BISNIS-Yanita Petriella.
Mobil Honda WR-V / BISNIS-Yanita Petriella.

Bisnis.com, JAKARTA — PT Honda Prospect Motor (HPM) hingga kini belum melihat titik balik geliat penjualan mobil domestik. Pabrikan pun menatap pencapaian target secara keseluruhan penjualan otomotif sulit finis pada kisaran 1 juta unit.

HPM mengaku sudah banyak berdiskusi dengan pemerintah mengenai upaya menggairahkan pasar otomotif domestik. Diskusi berjalan bersama Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo selaku asosiasi.

Sales & Marketing and After Sales Honda Prospect Motor, Yusak Billy mengakui sangat berat untuk mencapai target penjualan domestik 1,1 juta unit yang sudah ditetapkan oleh Gaikindo.

Hal ini lantaran penjualan secara wholesales sepanjang Januari-Mei 2024 menembus 334.969 unit, turun 21% dari 423.771 unit dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Penjualan retail juga lesu dengan angka 361.698 unit, turun 14,4% dari 422.514 secara year-on-year (YoY).

Sementara Honda masih berupaya untuk terus memantau kondisi pasar yang belum stabil untuk sebagai bentuk penyesuaian strategi perusahaan. Merek asal Jepang ini menargetkan untuk mempertahankan pangsa pasar minimal di level yang sama dengan tahun lalu.

“Kami yakin stimulus apapun yang akan dikeluarkan oleh pemerintah pasti sudah mempertimbangkan banyak hal untuk kemajuan otomotif nasional,” katanya kepada Bisnis, Kamis (13/8/2024).

Hadirnya pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2024 juga diharapkan dapat membantu agar pasar otomotif lebih bergairah di sisa tahun ini.

Pada GIIAS tahun ini, Honda akan mengusung tema ‘Dreams in Motion’ dengan jumlah 15 display produk melalui Brio, WR-V, BR-V, City, HR-V, Civic, CR-V dan Accord.

Honda juga akan menampilkan setidaknya lima produk elektrifikasi terbarunya. Sejauh ini sudah ada CR-V Hybrid, dan juga Accord Hybrid.

Selain mengandalkan pameran, Honda juga akan menawarkan program penjualan dan layanan purnajual yang memberikan nilai lebih bagi konsumen.

Sebagai informasi penjualan Honda secara wholesales mencapai 7.294 unit pada Mei 2024, turun 35,96% dari 11.391 unit dibandingkan Mei 2023. Kemudian, penjualan mobil retail Honda mencapai 7.805 unit pada Mei 2024, turun 31,48% dari 11.391 unit dibandingkan Mei 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper