Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Suzuki Recall 448 Unit Jimny 3 Pintu, Ini Alasannya

Sebanyak 448 unit mobil Jimny 3-Pintu direcall Suzuki agar konsumen mendapatkan pemeriksaan dan penggantian komponen fuel pump
Suzuki Recall 448 Unit Jimny 3-Pintu/Suzuki
Suzuki Recall 448 Unit Jimny 3-Pintu/Suzuki

Bisnis.com, JAKARTA — PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) melakukan penarikan kembali atau recall sejumlah 448 unit mobil Jimny 3-Pintu agar konsumen mendapatkan pemeriksaan dan penggantian komponen fuel pump atau pompa bahan bakar.

Suzuki menyebut terdapat 448 unit dengan rentang nomor VIN JSAGJB74VK5100010 ~ JSAGJB74VK5100469 yang merupakan produksi 20 November 2017 hingga 29 Agustus 2019.

Jumlah produk yang terdampak tersebut sudah selaras dengan unit yang diproduksi dalam batch, sehingga tidak akan bertambah. Meski demikian, Suzuki mempersilahkan konsumen dengan unit kondisi khusus diluar VIN untuk melakukan pemeriksaan.

Asst. to Service Dept. Head PT SIS, Hariadi mengatakan perusahaan bakal menghubungi para pemilik Jimny 3-Pintu yang terindikasi terdampak dari komponen fuel pump agar segera melakukan pemeriksaan di bengkel resmi.

“Pelanggan tidak perlu khawatir, karena Bengkel Resmi Suzuki siap untuk melakukan pemeriksaan dan penanganan secepatnya,” terangnya melalui keterangan tertulis Selasa (16/4/2024).

Dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh Suzuki, komponen impeller fuel pump atau baling-baling pada pompa bahan bakar yang berada di dalam tangki bahan bakar Suzuki Jimny berpotensi mengalami perubahan bentuk atau deformasi melebihi standard ketentuan.

Apabila dibiarkan, maka pompa bahan bakar tidak berfungsi dan menyebabkan mesin mobil tersendat. Adapun, pemeriksaan ini hanya akan memakan waktu selama dua jam.

Periode recall tersebut akan dilakukan hingga seluruh unit konsumen yang terdampak memperoleh penggantian Fuel Pump Set. Suzuki telah melakukan pendataan, dan menghubungi konsumen sejak 16 April 2024.

Sebagai informasi, negara lain yang menjadi tujuan ekspor Jimny 3-Pintu periode 20 November 2017 hingga 29 Agustus 2019 juga mengambil tindakan proaktif untuk melakukan penggantian Fuel

Pump Set yang berpotensi menimbulkan masalah.

Beberapa negara seperti Jepang, Eropa, Australia, Afrika Selatan, hingga Indonesia telah melakukan penggantian komponen ini secara bertahap. Impor spare part pengganti Fuel Pump Jimny berasal dari 3-door dari Suzuki Motor Corporation (SMC) Jepang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper