Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Skandal Daihatsu, Toyota Klaim Produk di Indonesia Aman

Toyota Astra Motor mengaku seluruh produk yang dipasarkan di Indonesia telah mematuhi regulasi, tak terikat skandal Daihatsu Motor.
Toyota Raize. /global.toyota
Toyota Raize. /global.toyota

Bisnis.com, JAKARTA — PT Toyota-Astra Motor (TAM) memastikan produknya yang telah dipasarkan sudah memenuhi regulasi pemerintah Indonesia termasuk unsur keselamatan.

Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan sudah melakukan koordinasi dengan prinsipal Toyota mengenai produk yang sudah dipasarkan. Menurutnya, hal ini bukanlah isu keselamatan maupun kualitas, dan sudah memenuhi regulasi yang ada.

“Hari ini kami sedang koordinasi juga ke pemerintah, khususnya untuk melanjutkan produksi. Nanti akan kami kabari,” tuturnya kepada Bisnis, Kamis (21/12/2023).

Daihatsu Motor Co., Ltd. telah berkomitmen untuk melakukan perombakan besar-besaran dalam tubuh perusahaan seiring adanya skandal manipulasi uji keselamatan dari produknya.

Model Toyota Agya yang diproduksi di Tanah Air oleh pabrik PT Astra Daihatsu Motor (ADM) masuk dalam daftar produk yang hasil uji keselamatannya dimanipulasi.

Beberapa mobil lain yang diproduksi oleh ADM dan dikirimkan ke luar negeri adalah Toyota Agya, Toyota Raize, dan Daihatsu Xenia.

Hasil investigasi menemukan sebanyak 174 kasus baru dari 25 item pengujian dari penerbitan sertifikasi uji keselamatan. Pada April 2023 telah ditemukan penyimpangan terhadap trim pintu, dan pada Mei 2023 muncul perbedaan dari hasil uji tabrakan sisi samping mobil.

Adanya kejanggalan ditemukan pada 64 model dan 3 mesin yang sedang dalam tahapan produksi maupun pengembangan. Atas kejadian ini pun, pabrik Daihatsu terpaksa dihentikan untuk sementara.

Manipulasi yang dilakukan guna memuluskan uji keselamatan tersebut adalah memotong bagian belakang plastik trim pintu depan untuk mencegah adanya sudut tajam dari hasil tabrakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper