Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hyundai Bakal Luncurkan Mobil Listrik Baru Rakitan Lokal Tahun Depan

Hyundai Indonesia berencana meluncurkan produk mobil listrik selain Ioniq 5 yang dirakit secara lokal pada tahun depan.
Hyundai Kona EV dan Hyundai Ioniq EV di Pabrik Mobil Listrik Hyundai di Sukamukti Bekasi, Jumat (6/11/2020). /KeMenko Marves
Hyundai Kona EV dan Hyundai Ioniq EV di Pabrik Mobil Listrik Hyundai di Sukamukti Bekasi, Jumat (6/11/2020). /KeMenko Marves

Bisnis.com, JAKARTA — Hyundai Indonesia berencana meluncurkan produk mobil listrik yang dirakit secara lokal pada semester I/2024. Sejauh ini, Ioniq 5 menjadi satu-satunya produk Hyundai yang diproduksi secara lokal.

Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, sedang ada survei yang dilakukan kepada para konsumen untuk mengetahui varian maupun rentang harga yang diinginkan oleh pasar otomotif Indonesia untuk mobil listrik.

“Kami lagi survei marketnya ditunggu aja, tapi komitmen kami adalah memperkenalkan produk baru at least satu produk setiap tahun udah pasti,” ujar Soerjo saat ditemui di Jakarta dikutip Rabu (1/11/2023).

Dalam rencananya, akan ada produk mobil listrik kedua yang diproduksi oleh Hyundai menyusul Ioniq 5. Produk ini pun nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan pasar Indonesia dan rencananya akan hadir pada semester I/2024.

Lebih lanjut, dia mengatakan, basis pengembangan mobil Hyundai untuk Asean terletak di Indonesia. Hal ini pun membuat pengembangan produk, baik dari sisi desain maupun spesifikasi mobil listrik Hyundai, juga melibatkan Indonesia.

Bahkan, dia menyebut, nantinya produk-produk mobil listrik rakitan lokal yang diproduksi oleh Indonesia nantinya juga akan diekspor ke luar negeri.

“EV baru ya berarti bukan produk existing yang dilistrikan karena tadi yang saya bilang Hyundai itu bermain di dua landscape satu elektrik, dan satunya lagi kan di ICE,” tuturnya.

PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) menjadi pabrikan yang memproduksi mobil listrik Ioniq 5. Produk ini pun memiliki tingkat komponen dalam negeri (TKDN) 40% sehingga mendapatkan insentif potongan pajak pertambahan nilai (PPN) dari 11% menjadi hanya 1%.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan penjualan mobil listrik Hyundai mencapai 803 unit pada September 2023, naik 44,16% dibandingkan Agustus 2023 sebanyak 557 unit.

Dua mobil listrik yang menjadi andalan Hyundai saat ini adalah Ioniq 5 dengan penjualan mencapai 793 unit, sedangkan untuk Ioniq 6 sebanyak 10 unit. Menurutnya, Ioniq 5 merupakan unit andalan Hyundai untuk pasar mobil listrik di Indonesia.

Adapun, sepanjang Januari-September 2023, penjualan mobil listrik Hyundai telah mencapai 5.280 unit, naik 426,94% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 1.002 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper