Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Segmen Sejuta Umat Sekarat, Hyundai Jaga Pertumbuhan Penjualan Stargazer

Penjualan Stargazer secara wholesales sepanjang Januari-September 2023 mencapai 11.850 unit, naik 9,54% dibandingkan periode sama tahun lalu.
Hyundai Stargazer
Hyundai Stargazer

Bisnis.com, JAKARTA — PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) berupaya menjaga penjualan segmen low multi-purposes vehicle (LMPV) melalui produk Stargazer 1.000 unit per bulan seiring moncernya model tersebut.

Chief Operating Officer PT HMID Fransiscus Soerjopranoto mengatakan Stargazer memiliki beberapa keunggulan seperti tenaga paling kuat di kelas LMPV. Meski demikian, Hyundai juga tetap fokus untuk mengembangkan produk pada segmen lainnya.

“Kami akan mempertahankan penjualan Stargazer di atas 1.000 unit per bulan dengan program penjualan yang menarik, seperti bebas cicilan 5 bulan. Tentu saja, kami akan fokus di segmen yang lain seperti SUV dan BEV,” ujar Frans kepada Bisnis, Senin (23/10/2023).

Lebih lanjut, dia mengatakan konsumen Stargazer memiliki kecenderungan untuk menambah model kendaraannya ke segmen SUV seperti Creta atau bahkan beralih ke model LMPV lainnya seperti Stargazer X.

Dari Hyundai pun menilai pergeseran ini pun dinilai sangat wajar mengingat adanya kenaikan pendapatan dari konsumen sehingga keinginan untuk menambah kendaraan di garasi pun bertambah.

Konsumen Stargazer memiliki kecenderungan untuk menambah kendaraannya ke segmen SUV seperti Creta atau mengganti Stargazer X.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan penjualan Stargazer secara wholesales sepanjang Januari-September 2023 mencapai 11.850 unit, naik 9,54% dibandingkan periode sama tahun lalu (YoY) sebanyak 7.924unit.

Secara rinci, penjualan Stargazer Prime mencapai 7.167 unit sepanjang Januari-September 2023 dan berstatus sebagai varian Stargazer paling laris. Di belakangnya terdapat varian Stargazer Trend dengan penjualan sebanyak 1.283 unit.

Berikutnya terdapat Stargazer X yang baru saja meluncur pada GIIAS 2023 dengan penjualan mencapai 938 unit. Kemudian ada Stargazer Essential yang penjualannya mencapai 354 unit.

Selanjutnya ada Stargazer Style dengan penjualan yang mencapai 229 unit, serta Stargazer Active yang laku terjual hingga 200 unit sepanjang Januari-September 2023.

Adapun merujuk data Gaikindo tersebut, penjualan Stargazer berada di bawah 1.000 unit pada bulan April-Juli 2023. Sementara penjualan tertinggi tercatat pada Januari 2023 dengan jumlah 2.374 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper