Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Truk Fuso Bakal Berteknologi Swap Battery, Kerja Sama dengan Startup Ample

Ample akan mengimplementasikan teknologi pertukaran baterai kendaraan niaga elektrik terhadap armada Mitsubishi Fuso yang akan didistribusikan di seluruh dunia.
Truk listrik Fuso eCanter. /Daimler
Truk listrik Fuso eCanter. /Daimler

Bisnis.com, JAKARTA- Perusahaan startup pertukaran baterai, Ample, akan mempercepat elektrifikasi kendaraan pengiriman jarak jauh, terutama dari Mitsubishi Fuso. Kedua perusahaan tersebut telah mendeklarasikan kerja sama global baru mereka pada 25 Juli 2023.

Dikutip dari electrek.co, pada Rabu (26/7/2023), nantinya Ample akan mengimplementasikan teknologi pertukaran baterai kendaraan niaga elektrik terhadap armada Mitsubishi Fuso yang akan didistribusikan di seluruh dunia.

Ample merupakan perusahaan startup asal California, Amerika Serikat, yang memiliki ambisi untuk membantu 1 miliar kendaraan elektrik di seluruh dunia. Perusahaan ini, berfokus pada pembuatan stasiun pertukaran baterai modular, yang membuat pengisian daya kendaraan elektrik lebih cepat.

Ample mulai mengoperasikan stasiun pertukaran baterai mandiri generasi pertamanya, pada musim semi 2021, di San Francisco, Amerika Serikat, sembari menginventarisasi data dengan berkerjasama perushaan rideshare seperti Uber dan Sally.

Ketika memperkenalkan stasiun pertukaran baterai generasi keduanya pada bulan Mei lalu, Ample menemukan bahwa, armada elektrik khususnya yang mil terakhir (last-mile), dapat menghabiskan lebih dari 10-12 jam pengisian daya. Untuk mempercepat proses tersebut, selain menambahkan kapabilitas tukar baterai untuk moda elektrik besar, proses pengisian daya pun dipersingkat menjadi lima sampai sepuluh menit.

Sementara itu, Ample telah bekerja di balik layar bersama Mitsubishi Fuso, untuk memastikan stasiun pertukaran baterai, dapat muat dengan ukuran mobil niaga elektrik terbarunya. Hubungan kerja sama tersebut telah berkembang menjadi jalinan resmi, yang telah diumumkan pada selasa (25/07/2023).

Ample telah membagikan postingan blog terkait detail kerja sama baru mereka dengan Mitsubishi Fuso, yang mayoritas dipegang oleh Daimler Trucks, dan sedang dalam proses merger dengan Toyota Hino Motors untuk menjadi perusahaan induk.

Ample menjelaskan, rancangan dari stasiun pertukaran baterai yang baru, telah bekerja sama denan Mitsubishi Fuso, demi memastikan bahwa kendaraan pengiriman mil-terakhir (last-mile), muat dan dapat menukar baterai kendaraan elektrik dengan cepat, dalam rangka mempercepat elektrifikasi pada segmen tertentu.

Produk hasil dari kerjasama tersebut akan menciptakan truk elektrik Mitsubishi Fuso yang dilengkapi dengan teknologi tukar baterai modular dari Ample. Bisnis Fuso di Amerika Utara telah menghentikan penjualan truk baru sejak tahun 2020. Peluncuruan armada elektrik dengan teknologi tukar-baterai, akan diselenggarakan bersamaan dengan Fuso eCanter, pada musim dingin di Jepang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper