Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tesla Bakal Buat Mobil Listrik Rp360 Juta di India, Arah Investasi Makin Jelas

Harga mobil listrik murah Tesla dipatok seharga US$24.000 atau setara Rp360 juta untuk pasar domestik India dan ekspor.
Founder Tesla Elon Musk/ Bloomberg
Founder Tesla Elon Musk/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA- Tesla dikabarkan tengah mematangkan rencana pembangunan pabrik untuk mobil listrik murah yang ditarget seharga Rp360 juta di India.

Dikutip dari Reuters, Selasa (25/7/2023), rencana itu kian dimatangkan seiring pertemuan perwakilan pabrikan milik Elon Musk itu dengan jajaran Kementerian Perdagangan India pada bulan ini.

Pertemuan yang dihadiri langsung Menteri Perdagangan India dan Representasi Tesla, sebagaimana diungkapkan salah seorang sumber Reuters, semakin mengerucut untuk pendirian pabrik baru. Fasilitas produksi itupun dikhususkan guna menggarap mobil listrik murah seharga US$24.000, setara Rp360 juta.

“Tesla telah menyatakan minatnya untuk membangun pabrik di India yang akan memproduksi kendaraan listrik (EV) berbiaya rendah untuk pasar lokal dan untuk ekspor,” kata sumber tersebut.

Lebih jauh, dia menambahkan bahwa perusahaan telah mengindikasikan bahwa produk tersebut merupakan model EV anyar yang belum pernah diproduksi.

Pertemuan antara Tesla dan Menteri Perdagangan merupakan tindaklanjut dari pertemuan tingkat tinggi sebelumnya. Pada Juni lalu, Elon Musk secara khusus bertemu dengan Perdana Menteri India Narendra Modi.

Pada kesempatan itu, Elon mengungkapkan rencana investasi besar di India. Produk EV murah inipun diklaim jauh di bawah model termurah eksisting yakni Tesla Model 3 yang dijual di China dengan harga US$32.200.

Reuters melaporkan pada bulan Mei bahwa para eksekutif Tesla mengunjungi India dan mengadakan pembicaraan dengan para pejabat untuk membangun basis produksi mobil dan baterai di India.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper