Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Honda Prospect Fokus Segmen BR-V hingga HR-V, Penjualan Pun Melesat

Kontribusi segmen SUV yang mencakup WR-V, BR-V, HR-V hingga CR-V mencapai 50,74 persen terhadap total penjualan Honda sepanjang semester I/2023. 
All New Honda BR-V. /PT Honda Prospect Motor
All New Honda BR-V. /PT Honda Prospect Motor

Bisnis.com, JAKARTA — PT Honda Prospect Motor (HPM) memilih fokus menggenjot penjualan segmen sport utility vehicle (SUV) daripada Low Multi Purpose Vehicle (LMPV). Segmen yang dihuni BR-V hingga HR-V itupun jadi tumpuan penjualan prinsipal.

Saat ini, seluruh jajaran produk Honda didominasi dengan gen SUV. Produk tersebut berjajar dari segmen LSUV, Small SUV, Compact SUV, hingga SUV bongsor.

Business Innovation and Marketing & Sales Director Honda Prospect Yusak Billy mengatakan Honda lebih fokus pada segmen SUV karena mengikuti tren pasar. Sebagai andalan, lanjutnya, Honda menonjolkan kehadiran BR-V sebagai penghuni segmen LSUV.

“Saat ini kami memang fokus ke segmen SUV dengan model 7-seater lebih kami arahkan ke Honda BR-V,” ujar Billy kepada Bisnis, Selasa (18/7/2023).

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan SUV dari Honda mencapai 37.906 unit selama semester I/2023, naik 26,7 persen dibandingkan 28.917 pada periode sama tahun lalu.

Dari total penjualan SUV tersebut, Honda BR-V memberikan kontribusi penjualan sekitar 26,47 persen, HR-V sebanyak 18,44 persen, WR-V sekitar 15,38 persen, dan CR-V sebanyak 3,47 persen. Secara keseluruhan, kontribusi segmen SUV mencapai 50,74 persen terhadap total penjualan Honda sepanjang semester I/2023. 

Sementara untuk penjualan segmen LMPV, Yusak Billy mengatakan Honda stetap mengikuti permintaan dari konsumen terutama dari area luar pulau Jawa, tetapi kebanyakan penjualannya menggunakan fleet sales.

“Saat ini kami mengikuti permintaan dari konsumen yang terutama datang dari area luar pulau Jawa dan penggunaan fleet sales kebanyakan,” katanya.

Di sisi lain, penjualan LMPV yang terdiri dari beberapa model Mobilio pun tercatat mengalami peningkatan 20,08 persen dari 702 unit menjadi 843 unit pada paruh pertama 2023 secara YoY. 

Kontribusi penjualan Honda dari Mobilio sekitar 1,12 persen dari total penjualan Honda yang mencapai 74.692 unit sepanjang semester I/2023. Penjualan terbanyak LMPV berasal dari model New Mobilio S dengan 841 unit, sedangkan Mobilio E dan Mobilio RS masing-masing hanya satu unit.

Pada segmen lainnya, LCGC terjual 20.909 unit atau 27,99 persen dari total penjualan, hatchback sebanyak 1.139 unit atau sekitar 1,52 persen, dan sedan sebanyak 652 unit atau 0,87 persen.

Secara wholesales, penjualan Honda keseluruhan mengalami peningkatan penjualan 19,3 persen dari 62.585 unit menjadi 74.692 unit sepanjang semester I/2023. Honda pun tercatat memiliki pangsa pasar hingga 14,8 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper