Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Honda Tiba-Tiba Tarik Ratusan Ribu Mobil, Ada Apa?

Honda dikabarkan akan melakukan recall atau penarikan kembali terhadap sekitar 124.000 kendaraan dari berbagai lini model.
Honda Civic generasi ke-11. /Honda
Honda Civic generasi ke-11. /Honda

Bisnis.com, JAKARTA – Honda dikabarkan akan melakukan recall atau penarikan kembali terhadap sekitar 124.000 kendaraan dari berbagai lini model.

Melansir Global Village Space, Kamis (6/7/2023), penarikan kembali dilakukan terkait potensi masalah pada sistem rem beberapa model mobil Honda.

Mobil yang ditarik kembali di antaranya dari model Honda Civic 2020-2021, Ridgeline 2020-2023, Passport 2021-2023, Pilot 2021-2022, dan Acura MDX 2020.

Penarikan kembali dilakukan Honda sesuai laporannya kepada NHTSA, Badan Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat. Melansir dari NBC Chicago, Kamis (6/7/2023), sebanyak 124.077 mobil disinyalir berpotensi terdampak masalah produksi pada bagian rem kendaraan.

Honda menyatakan bahwa pada masa produksi, silinder rem master mungkin tidak terpasang dengan benar di rakitan booster rem. Hal tersebut bisa terjadi jika mur yang digunakan untuk memasang tie rod longgar atau hilang dan akhirnya mengakibatkan tie rod patah akibat beban berlebih. Kegagalan rem berpotensi besar terjadi akibat hal tersebut.

Penyelidikan terkait masalah rem ini ditengarai setelah adanya laporan kegagalan rem pada Pilot 2021 tahun lalu. Dikabarkan tidak ada kecelakaan, cedera ataupun kematian akibat masalah dalam laporan tersebut. Namun, Honda juga menerima dua klaim garansi sejak September 2022 terkait masalah yang sama.

Sebagai respons, Honda akan memulai penarikan pada 7 Agustus 2023 dengan mengirimkan surat kepada pemilik terdaftar dari model-model kendaraan tersebut di atas.

Selama proses penarikan, Honda akan memeriksa dan mengganti mur yang hilang. Selain itu, jika ada komponen rakitan penguat rem yang ditemukan rusak, komponen tersebut juga akan diganti.

Pemilik yang telah memperbaiki kendaraannya dengan biaya pribadi atau yang tidak mendapat surat panggilan penarikan dapat menghubungi layanan pelanggan Honda atau dealer mobil lokal terkait.

Kegagalan rem menjadi masalah serius yang bisa membahayakan pengguna mobil. Terkait hal itu, penting bagi pengemudi mobil untuk mengenali tanda-tanda kegagalan rem.

Berikut gejala kegagalan rem yang harus diwaspadai oleh pengemudi:

1. Pedal rem lunak atau kenyal. Pedal rem yang tenggelam ke lantai saat ditekan bisa menjadi tanda adanya masalah pada sistem rem.

2. Jarak berhenti yang lebih jauh. Jika kendaraan membutuhkan waktu lebih lama untuk berhenti sepenuhnya atau jika pengguna perlu menekan pedal rem lebih keras, mungkin terdapat masalah pada sistem rem.

3. Lampu peringatan rem menyala. Jika lampu peringatan rem di dasbor menyala, dipastikan menjadi indikasi yang jelas bahwa ada masalah dengan rem kendaraan.

4. Suara menggelinding atau melengking. Suara-suara tidak biasa yang berasal dari rem kendaraan dapat mengindikasikan bantalan rem yang aus atau masalah lain pada sistem rem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper