Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investasi Mobil Listrik Thailand Kalahkan Indonesia, Ini Keunggulan Menurut Pejabatnya

Pejabat Board of Investment (BoI) Thailand mengklaim negaranya memiliki keunggulan menarik minat investasi mobil listrik karena jauh lebih kondusif.
Ilustrasi pengguna sedang mengisi baterai mobil listrik./ Dok. Freepik.
Ilustrasi pengguna sedang mengisi baterai mobil listrik./ Dok. Freepik.

Daya Tarik Thailand

Apa yang menjadikan Thailand tempat yang menarik untuk EV?

Kami berlokasi di jantung kawasan, dekat pasar besar seperti Cina dan India. Investor dapat menggunakan Thailand sebagai basis produksi dan ekspor dengan konektivitas kami ke negara tetangga.

Kami memiliki rantai pasokan yang sangat kuat untuk industri otomotif, dengan lebih dari 2.000 pemasok suku cadang dan komponen. Thailand memiliki hubungan baik dengan setiap negara — banyak orang menyebut kami zona bebas konflik. Selama Covid kami membuktikan bahwa kami dapat memberikan ketahanan kepada investor: tidak ada penguncian yang berdampak pada sektor industri.

Dalam hal promosi investasi selama delapan tahun terakhir, otomotif berada di peringkat No. 2. Elektronik adalah No. 1, jadi Anda dapat melihat betapa pentingnya sektor otomotif bagi perekonomian Thailand.

Apa ambisi Thailand dalam mengamankan investasi pabrikan EV dan rantai pasokan?

Awal tahun ini, kami meluncurkan strategi promosi investasi baru kami. Target kami adalah mempertahankan juara di Asia Tenggara, dan menjadi 10 besar dunia di industri EV.

Thailand adalah negara pertama di Asia Tenggara yang mengumumkan langkah-langkah agresif dan komprehensif yang mencakup sisi penawaran dan sisi permintaan.

Kami memberikan insentif tidak hanya kepada produsen EV, tetapi seluruh ekosistem EV. Kami juga mempromosikan baterai, suku cadang utama, komponen stasiun pengisian dan pertukaran baterai, serta aplikasi perangkat lunak.

Kami mempromosikan setiap segmen industri termasuk kendaraan listrik BEV, HEV, hybrid dan sel bahan bakar, dan juga setiap jenis kendaraan roda dua, tiga, empat, sepeda motor dan juga sepeda listrik.

Apakah Anda berencana untuk mengubah beberapa insentif Anda?

Karena pasar sudah berkembang cukup lama, kita tidak perlu memberikan subsidi sebesar-besarnya seperti dulu. Jadi kita akan kurangi subsidi dan tingkatkan syaratnya, seperti spesifikasi baterai, karena teknologinya juga akan berkembang.

Subsidi akan dikurangi dari 150.000 menjadi 100.000 baht per kendaraan. Batas minimum untuk kapasitas baterai juga akan dinaikkan dari 30 kWh menjadi 50 kWh.

Tujuan dari langkah ini adalah untuk membuat harga EV lebih murah, atau sebanding dengan mobil bermesin pembakaran dalam.

Stimulasi sisi permintaan sangat penting bagi investor untuk mengambil keputusan berinvestasi di Thailand karena ini akan membantu menciptakan pasar EV yang besar di negara tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper