Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Intip Spesifikasi Mobil Terbang Pertama di Dunia, Harganya Rp4,5 Miliar!

Mobil terbang pertama di dunia besutan Alef Aeronautics resmi mengantongi izin dari FAA dan sudah dapat dipesan dengan harga miliaran rupiah.
Mobil terbang bertenaga listrik - Alef Aeronautics.
Mobil terbang bertenaga listrik - Alef Aeronautics.

Bisnis.com, JAKARTA – Startup yang beroperasi di California, Alef Aeronautics berhasil mendapatkan sertifikasi kelayakan udara khusus dari Federal Aviation Administration (FFA), mode operasi Departemen Perhubungan Amerika, untuk mobil terbang rancangannya yang diberi nama Model A.

Melansir USA Today, Selasa (4/7/2023), mobil terbang tersebut secara resmi diizinkan lepas landas dalam masa percobaan dengan memenuhi standar keselamatan National Highway and Traffic Safety Administration sebelum terbang.

"Kami senang menerima sertifikasi ini dari FAA. Hal ini memungkinkan kami bergerak lebih dekat untuk menghadirkan perjalanan yang lebih cepat dan ramah lingkungan kepada masyarakat, sekaligus menghemat jam kerja individu dan perusahaan setiap minggu,” ujar CEO Alef, Jim Dukhovny.

Melalui rilisnya, Alef Aeronautics membeberkan bahwa Model A menggunakan 100 persen daya listrik. Mobil terbang dengan kapasitas hingga dua penumpang ini dapat dikendarai di jalan umum dan memiliki kemampuan lepas landas dan mendarat secara vertikal.

Dengan tampilan fisik dan kemampuan berkendara yang serupa mobil dalam kacamata konvensional, Alef membedakan Model A dari sejumlah pendahulunya, seperti Terrafugia, Paul Moller, dan Henry Ford yang memerlukan sayap di sisi-sisi mobilnya.

Model A akan menjadi kendaraan dengan kecepatan rendah yang melaju kurang dari sekitar 25 mil per jam di darat. Jika pengemudi ingin berkendara lebih cepat, mereka dapat menggunakan kemampuan terbang mobil tersebut.

Setelah melalui uji kemudi dan penerbangan sejak 2019, versi final yang nantinya akan diterima pengguna memiliki jarak tempuh 200 mil dan jarak terbang 110 mil.

Mobil terbang Alef akan tersedia untuk prapemesanan (preorder) dengan harga US$300.000 atau setara dengan Rp4,5 miliar pada Jumat mendatang.

Pelanggan dapat membayar deposit US$150 untuk masuk dalam daftar tunggu atau $1.500 jika ingin tempat prioritas dalam antrean daftar. Alef memasang target mobil terbang bisa diterima pelanggan di akhir 2025.

Model A terlahir dari angan-angan Dukhovny yang berhulu di film lawas Back to The Future. Pada film tersebut, sang tokoh utama mengendarai sebuah mobil terbang.

Dukhovny bersama rekan-rekannya Konstantin Kisly, Pavel Markin, Oleg Petrov kemudian mendirikan Alef untuk membawa angan-angan tersebut ke dunia nyata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper