Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Persaingan Merek Eropa Indomobil (IMAS) Vs Astra International (ASII)

Indomobil membawahi merek Volkswagen, Audi, Volvo, Citroen dan Mercedes Benz berhadapan dengan Astra International yang mengoleksi BMW-MINI, dan Peugeot.
Volkswagen Tiguan 2021. /VW
Volkswagen Tiguan 2021. /VW

Bisnis.com, JAKARTA - Distributor otomotif global Inchcape Motors Private Limited (Inchcape) dan PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (IMAS) mengakuisisi 100 persen kepemilikan Mercedes-Benz di Indonesia. Langkah itu menambah koleksi merek Eropa yang dikendalikan Grup Salim, berhadapan dengan Astra International Tbk. (ASII) yang juga mempunyai sejumlah jenama "Benua Biru".

Menariknya, sebelum mencaplok Mercedes Benz, Indomobil juga meneken kerja sama resmi dengan Citroen. Bukan hanya Mercedez dan Citroen, perusahaan milik konglomerat Grup Salim ini juga memiliki lisensi penjualan mobil Eropa seperti Volvo, Volkswagen, dan Audi.

IMAS juga menguasai merek-merek mobil yang berasal dari Jepang seperti Suzuki, Nissan, Hino, dan Datsun emiten ini pun menjadi pemasar resmi mobil KIA dari Korea Selatan. Selain itu, terdapat pula produk motor listrik asal China yakni Yadea.

Jika berbicara terkait produsen mobil di Indonesia, emiten konglomerasi PT Astra International Tbk. (ASII) tidak bisa dilupakan. Astra sendiri memegang beberapa lisensi penjualan mobil di Indonesia, yang paling terkenal adalah Toyota dan Daihatsu.

Selain itu, Astra juga memegang lisensi tiga merek mobil eropa. ASII mengendalikan merek BMW, MINI, dan Peugeot.

BMW dan MINI pun di Indonesia mencatatkan penjualan yang apik. Tahun lalu mobil asal Jerman tersebut memecahkan rekor penjualan tertinggi sepanjang 21 tahun merek ini berkiprah di Indonesia.

Pabrikan mobil Eropa ini mampu melego 3.742 unit mobil sepanjang tahun 2022. Jumlah tersebut mengalami peningkatan 21 persen dengan penjualan gabungan BMW dan MINI, mengingat tahun sebelumnya kinerja penjualan BMW Indonesia mencapai 3.102 unit.

Rinciannya, penjualan tersebut terdiri dari 3,023 unit kendaraan BMW dan 719 unit MINI. Pertumbuhan penjualan sebesar 24.2 persen bagi BMW dan 7,5 persen bagi MINI secara tahunan.

Menariknya, Mercedes- Benz membukukan penjualan sebanyak 3.184 unit sepanjang 2022. Dalam data yang dirilis MBDI, jumlah tersebut meningkat sekitar 26 persen dibandingkan tahun sebelumnya, sebanyak 2.096 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper