Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Resmi! Indomobil (IMAS) Caplok Mercedes Benz Indonesia

Inchcape Motors Private Limited (Inchcape) dan PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (Indomobil) resmi mengakuisisi kepemilikan Mercedes Benz di Indonesia.
Bintang Lancip Tiga, logo Mercedes Benz. /REUTERS
Bintang Lancip Tiga, logo Mercedes Benz. /REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - Distributor otomotif global Inchcape Motors Private Limited (Inchcape) dan PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (Indomobil) mengakusisi 100 persen kepemilikan Mercedes-Benz di Indonesia.

Rinciannya, Inchcape mengambil alih 70 persen dan Indomobil 30 persen. Transaksi ini akan mengembangkan kerjasama antara Inchcape dan Indomobil, secara berkelanjutan membangun kehadirannya di Indonesia.

Head of Region Overseas Mercedes-Benz Cars, Matthias Lührs mengatakan transaksi ini sebagai upaya menguatkan posisi pabrikan mobil asal Jerman itu di Indonesia dengan rekanan internasional maupun lokal.


“Kami melakukan restrukturasi pada bisnis kami, dengan tujuan menguatkan posisi kami di pasar Indonesia, serta untuk senantiasa berkembang dengan menggandeng rekanan berskala internasional yang kuat serta rekanan lokal berpengalaman bersama Inchcape dan Indomobil," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (31/3/2023).

Meskipun ada transisi kepemilikan, Mathhias menyampaikan seluruh karyawan Mercy di Indonesia masih akan tetap berjalan sebagaimana adanya hingga saat ini.

Lebih lanjut, dia optimistis dengan pengalaman yang dimiliki baik Inchape maupun Indomobil di dunia otomotif akan memuluskan bisnis Mercedes-Benz di Indonesia.

"Kami melihat kembali pengalaman kami bekerja sama dengan Inchcape, rekanan yang kuat dan kompeten, dan kami bersemangat untuk memperdalam kerja sama yang telah terjalin dengan langkah penting ini," tambahnya.

Di sisi lain, Inchcape's APAC CEO, Ruslan Kinebas menyampaikan peralihan kegiatan usaha Mercy dengan menggaet indomobil akan memperkual posisi Benz di Tanah Air.

"Kami menantikan pengembangan lebih jauh dari bisnis Mercedes-Benz dengan menggabungkan pengetahuan lokal dan kapabilitas digital dan data kami. Pengembangan ini merupakan bukti dari Inchcape sebagai rekanan pilihan Mercedes-Benz, sebagai upaya optimalisasi kinerja global mereka," tuturnya.

Sementara dari sisi Indomobil, melalui Direktur Utama Jusak Kertowidjojo, menyebutkan keterlibatannya dalam pencaplokan ini dapat terus mendukung pemerintah dalam pengembangan industri otomotif di Indonesia.

“Kami sangat percaya dengan keterlibatan kami sebagai entitas lokal yang kuat dalam kerja sama dengan entitas otomotif global, Inchcape, Mercedes-Benz dapat terus berkembang di Indonesia dan mendukung pemerintahan Republik Indonesia dalam mengembangkan industri otomotif di Indonesia ke depannya," tukas dalam keterangan yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper